Kompas TV regional berita daerah

Ganjar Wujudkan Mimpi Siswa di Tawangmangu

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 19:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, merupakan salah satu dari beberapa kecamatan di Jawa Tengah yang belum memiliki SMA Negeri. Sebelumnya, ratusan siswa lulusan SMP di Tawangmangu melanjutkan ke SMA terdekat yaitu SMA Negeri Karangpandan yang jaraknya sekitar 15 kilometer. Namun karena penerimaan peserta didik menggunakan sistem zonasi, maka banyak siswa lulusan SMP di Tawangmangu yang tidak diterima. Sebagian mereka ada yang melanjutkan ke sekolah swasta, sementara sebagian lagi terpaksa tidak melanjutkan sekolah.

Oleh karena itu, warga menyambut antusias, saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meletakkan batu pertama pembangunan SMA Negeri Tawangmangu, sabtu kemarin. Keberadaan SMA di Tawangmangu ini sudah lama ditunggu oleh warga, terutama para siswa yang akan meneruskan jenjang pendidikan.

“Tiap tahun, lulusan smp di tawangmangu tidak bisa tertampung di sma maupun smk negeri, akhirnya kita minta kepada gubernur agar tawangmangu ada sma negeri” Ungkap Sutopo, Kades Tawangmangu.

“sudah pernah mendaftar di sma karangpandan tapi tidak keterima karena sistem zonasi, sekarang mau ada sekolah di tawangmangu, seneng sekolahnya dekat” Ungkap Resta Surya, Siswa.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terlihat gembira saat meletakkan batu pertama. Sebagai anak asli Tawangmangu, Ganjar merasakan betul keinginan warga untuk memiliki sekolah di daerahnya.

“Sistem PPDP Fair diberlakukan jika sekolahannya ada, kalau sekolah nggak ada, cah Tawangmangu dan Kalisoro wis ora iso sekolah” Ungkap Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng.

Sebenarnya, rintisan SMA Negeri Tawangmangu ini sudah dimulai sejak 2020. Gubernur Jawa Tengah,  Ganjar Pranowo mengupayakan dengan membuka kelas jarak jauh, dimana siswa Tawangmangu menginduk di SMA Karangpandan, dan menjalani kegiatan belajar mengajar dengan menempati gedung SD setempat.

Tak hanya Tawangmangu, Ganjar juga akan mempercepat pembangunan sekolah-sekolah di daerah lain, karena masih ada sejumlah daerah yang belum memiliki sekolah negeri.

#Ganjar #GubernurJateng #Tawangmangu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x