Kompas TV regional berita daerah

2 Kunci UMKM di Yogyakarta Bisa Naik Kelas

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 22:33 WIB
2-kunci-umkm-di-yogyakarta-bisa-naik-kelas
Pameran UMKM digelar di halaman kantor Dinas Koperasi dan UKM DIY. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didorong untuk naik kelas.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) DIY pun menggandeng perguruan tinggi untuk menggelar inkubasi bisnis.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi, pelatihan inkubator bisnis menjadi komitmen bersama untuk mencetak wirausaha atau pelaku usaha yang unggul, mampu bersaing, dan maju. 

"Kunci UMKM naik kelas adalah kolaborasi dan adaptasi, terlebih di tengah pandemi Covid-19," ujarnya, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta UMKM Segera Masuk dalam Ekosistem Digital

Ia menilai UMKM di DIY sangat kreatif dan inovatif dengan daya juang dan daya saing yang kuat.

Namun, persaingan bukan lagi prioritas. Sebab, saat ini yang terpenting bersatu dan berkolaborasi menggandeng para akademisi.

Melalui inkubator bisnis, sebanyak 20 pelaku usaha yang tersaring akan mendapatkan fasilitas lanjut dari peguruan tinggi yang digandeng Pemda DIY.

Kenaikan kelas UMKM diharapkan dapat membuat pelaku UMKM tidak bermain dalam skala kecil lagi. 

"Program ini untuk menciptakan kolaborasi dan adaptasi sehingga para UMKM di Yogyakarta dan empat kabupaten lainnya ini mudah mengakses investor atau aggregator besar," ucapnya. 

Baca Juga: Kalsel Adakan Pameran UMKM Offlline Pertama Sejak Pandemi Covid-19

Adapun pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan pertama 2021 menujukkan hal positif dengan andil terbesar pada bidang teknologi informasi. Oleh karena itu UMKM di Yogyakarta dan empat kabupaten lainnya diminta untuk ikut bertransformasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x