Kompas TV nasional update corona

Benar-Benar Ditemukan di Bali, 5 Desa Bebas Covid-19 Sejak Awal Pandemi, Kok Bisa?

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 21:04 WIB
benar-benar-ditemukan-di-bali-5-desa-bebas-covid-19-sejak-awal-pandemi-kok-bisa
Ilustrasi pariwisata di Pulau Bali, yang hendak dibangkitkan kembali lewat wacana work from Bali (WFB). (Sumber: Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf )
Penulis : Gading Persada | Editor : Fadhilah

BALI, KOMPAS.TV - Memasuki pekan kedua Juni 2021, angka positif kasus Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia meningkat secara tajam. Namun, di Provinsi Bali, khusus di 5 desa, hal tersebut tidak berlaku.

Lima desa di Pulau Dewata itu bebas Covid-19 sejak pertama kali pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia awal Januari 2020 silam.

Mana saja 5 desa bebas Covid-19 tersebut?

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali, kelima desa itu berada di Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Bangli.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan Nyoman Suratmika menyebut, ada dua desa di daerahnya yang belum pernah terpapar Covid-19.

Dua desa itu adalah Desa Sanda yang berada di Kecamatan Pupuan dan Desa Mundeh Kauh di Kecamatan Selemadeg Barat. 

Baca Juga: Tersangka Kasus Surat Bebas Covid-19 Palsu,Jalani Rekonstruksi

"Faktornya ya salah satunya pergerakan masyarakatnya minim. Tidak seperti di daerah penyangga yang dekat kota besar," kata Suratmika seperti dikutip dari Kompas.com, (15/6/2021).

Menurut Suratmika, secara geografis lokasi dua desa itu berada di pegunungan.

Selain itu, rumah antarwarga saling berjarak satu sama lainnya. Tak hanya itu, aktivitas yang menimbulkan keramaian pun jarang dilakukan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.