Kompas TV regional berita daerah

Bandung Raya Siaga I Covid-19, Ridwan Kamil Perintahkan Kepala Daerah di Jabar Percepat Vaksinasi

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 21:27 WIB
bandung-raya-siaga-i-covid-19-ridwan-kamil-perintahkan-kepala-daerah-di-jabar-percepat-vaksinasi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung beberapa waktu lalu. (Sumber: Humas Pemprov Jawa Barat)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Fadhilah

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memerintahkan semua kepala daerah di Jabar untuk mempercepat proses vaksinasi massal.

"Kami perintahkan semua daerah agar melaksanakan vaksinasi massal secara optimal di stadion yang ada di wilayah masing-masing," kata Emil, sapaan akrabnya di Markas Kodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (15/6/2021).

Kata Emil, vaksinasi massal bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan fasilitas stadion atau lapangan dan akan dimotori oleh TNI dan anggota Polri.

"Karena itu, TNI dan anggota Polri akan menjadi motor utama dari yang namanya vaksinasi massal yang harus dilaksanakan di kabupaten kota," jelasnya.

Baca Juga: Ratusan Makam Khusus Covid-19 di Bandung Dibongkar, Ternyata Jenazahnya Tidak Terpapar Virus Corona

Ambisi percepatan vaksinasi itu disampaikan Emil karena tingkat keterisian rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Bandung Raya sudah melampaui ambang batas level nasional dan WHO.

"Wilayah Bandung raya ini keterisian rumah sakit sudah melebihi standar WHO dan nasional yang di angka 70 persen sementara Bandung Raya ini sudah di angka 84,19 persen," kata Emil.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya telah menetapkan zona Bandung Raya Siaga I Covid-19. Hal itu seiring melonjaknya kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

Emil mengatakan, dari hasil kajian Satgas Covid-19 Jabar, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) masuk dalam zona merah.

"Banyak pengumuman penting di hari ini, yang pertama wilayah Bandung Raya kami nyatakan sedang siaga I Covid. Karena minggu ini dua wilayah besarnya zona merah yaitu KBB dan Kabupaten Bandung," terang Emil.

Baca Juga: Kapasitas Ruang Isolasi di Rumah Sakit di Kota Bandung Semakin Menipis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x