Kompas TV video sinau

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Baca Artikel Kesehatan di Internet

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 14:32 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Internet memiliki informasi apa saja yang sedang kamu butuhkan. Namun, pengguna harus bijak dalam membaca artikel di internet. Ini dia 5 hal yang harus kamu tahu soal membaca artikel kesehatan di internet.

1. Cek Kredibilitas Artikel Berita
Pastikan sumber berita yang kamu jelas dan tepercaya. Internet akan menyediakan segudang informasi dari berbagai sumber. Bijak memilih artikel yang akan kamu baca ya. 

2. Waspada Clickbait
Banyak konten seperti artikel di internet yang membuat judul "Clickbait". Judulnya menarik perhatian pembacanya dan bisa saja tidak sesuai dengan isi beritanya. 

3. Efek Nocebo
Efek Nocebo adalh kondisi dimana seseorang mengkonsumsi terlalu banyak artikel berita, dalam hal ini soal kesehatan, dan menganggap penyakit yang ada di artikel adalah penyakitnya. Hal ini membuat orang sehat merasa memiliki penyakit tersebut. 

4. Jangan Ikuti Tips
Tips yang datangnya dari internet belum tentu benar. Keberadaan tips harus menyesuaikan keadaan fisik seseorang. Jadi, untuk mendapatkan tips yang sesuai, tetap harus ada rekomendasi dari dokter. 

5. Jangan Panik
Tanda-tanda penyakit yang kamu cari di internet ternyata kamu rasakan? Jangan panik! Belum tentu apa yang ditulis di internet itu benar. 

Video Grafis: Achmad Ilyas
Video Editor: Rengga Rinasti 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x