Kompas TV nasional berita utama

Kirim Foto Selfie hingga Foto Pacaran, Ratusan Peserta SBMPTN 2021 Langsung Didiskualifikasi

Selasa, 15 Juni 2021 | 14:44 WIB
kirim-foto-selfie-hingga-foto-pacaran-ratusan-peserta-sbmptn-2021-langsung-didiskualifikasi
Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk Program Studi Desain Produk ITS mengikuti ujian keterampilan seni rupa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (1/6). Dari 778 peserta yang akan diterima 100 peserta. (Sumber: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sebanyak 313 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMTN) 2021 langsung tersingkir karena didiskualifikasi usai melakukan sejumlah pelanggaran.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai operator SBMPTN 2021 mendapati ratusan peserta tersebut melakukan pelanggaran pada Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengakui hal itu. Ia mengungkapkan para peserta melakukan beberapa jenis pelanggaran.

"Kami ingin informasikan, pada UTBK-SBMPTN masih didapati adanya kecurangan. Sehingga total karena ada pelanggaran yang harus kita diskualifikasi, ada 313 peserta," ujar Nasih dalam konferensi pers virtual, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Jelang Pengumuman, Ketua LTMPT Sebut 63 Orang Peserta Difabel Lulus SBMPTN 2021

Ia mengungkapkan bentuk pelanggaran yang dilakukan dapat diklasifikasikan dalam dua bentuk, yakni pelanggaran administratif, dan kecurangan ketika ujian. Contoh pelanggaran administratif adalah terkait penggunaan foto.

Tercatat 122 peserta didiskualifikasi karena menyertakan foto yang tidak sesuai ketetapan.

"Ada 122 peserta yang fotonya itu tidak memenuhi kualifikasi. Ada macam-macam kan, ada yang foto selfie, ada yang foto keluarga, foto lagi pacaran, ada yang foto lagi makan bareng, macam-macam," ungkap Nasih.

Nasih menjelaskan, ada 191 peserta lainya didiskualifikasi akibat menyontek. Bahkan ada peserta yang membawa perangkat telekomunikasi, hingga memotret soal UTBK-SBMPTN.

"Jumlahnya ada 191 peserta, termasuk penggunaan foto dan lain-lain, melakukan kecurangan atau ketidaksesuaian dengan peraturan yang berlaku, termasuk adalah ngomong-ngomong dengan tetangga peserta sebelah, termasuk membawa alat komunikasi dan lain-lain," ungkap Nasih.

Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19