Kompas TV nasional update corona

6 Potensi Peningkatan Covid-19 yang Diwaspadai BNPB Jelang Iduladha

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 15:48 WIB
6-potensi-peningkatan-covid-19-yang-diwaspadai-bnpb-jelang-iduladha
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito (Sumber: tangkap layar kanal YouTube BNPB Indonesia)
Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Angka kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir ini. Bahkan, sejumlah varian baru juga ditemukan.

Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) pun sudah memetakan sejumlah potensi-potensi peningkatan Covid-19.

Kepala BNPB Ganip Warsito mengakui, peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Tanah Air terjadi pasca libur Lebaran.

Maka dari itu, jelang Hari Raya Iduladha yang juga terdapat hari liburnya, BNPB mulai melakukan langkah antisipasi. Terutama pemetaan potensi-potensi yang bisa mengakibatkan naiknya angka kasus Covid-19.

Baca Juga: Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BNPB Rapat Bersama Bahas Antisipasi Lonjakan Kasus di Ibu Kota

“Pemerintah akan mulai mengantisipasi potensi kenaikan kasus Covid-19 menjelang periode libur Hari Raya Iduladha,” jelas Ganip dikutip dari siaran YouTube BNPB, Minggu (13/6/2021).

Ganip mengatakan antisipasi mobilitas masyarakat perlu dilakukan terutama di pusat perbelanjaan, tempat wisata, kegiatan tradisi halal bihalal, kunjungan keluarga, ziarah makam, hingga potensi kerumunan penonton saat prosesi penyembelihan hewan kurban. 

“Ini harus sedini mungkin kita antisipasi agar tidak menimbulkan lonjakan-lonjakan Covid yang lebih memperparah dari kondisi sekarang,” tegas dia.

Lebih lanjut Ganip mengungkapkan pemetaan potensi tersebut merupakan bagian dari enam strategi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. 

Baca Juga: Hentikan Pembiayaan Isoman OTG di Hotel, Ternyata BNPB Punya Utang Rp140 M



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.