Kompas TV euro 2020 serba serbi

Hungaria vs Portugal di Euro 2020, Ini Deretan Rekor yang Dapat Dipecahkan Cristiano Ronaldo

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 09:14 WIB
hungaria-vs-portugal-di-euro-2020-ini-deretan-rekor-yang-dapat-dipecahkan-cristiano-ronaldo
Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, merayakan gol keduanya ke gawang Swedia di ajang UEFA Nations League pada 8 September 2020 di Solna, Swedia, Rabu (9/9/2020) dini hari WIB. (Sumber: (AFP/JONATHAN NACKSTRAND))
Penulis : Gilang Romadhan

BUDAPEST, KOMPAS.TV - Cristiano Ronaldo bisa saja memecahkan dua rekor sekaligus jika turun sebagai starter di laga Grup F Euro 2020 antara Hungaria vs Portugal. 

Duel Hungaria vs Portugal sendiri akan dihelat di Stadion Puskas Arena pada Selasa (15/6/2021) malam WIB. 

Selaku juara bertahan, Portugal mendapat undian berat di Euro 2020. Selecao das Quinas tergabung di grup neraka bersama juara dunia Perancis serta Jerman. 

Baca Juga: Jadwal EURO 2020 Hari Ini, Pertarungan Panas Grup Neraka: Portugal Vs Hungaria & Perancis Vs Jerman

Bagi Ronaldo pribadi, pertandingan perdana Portugal ini akan menjadi spesial, karena dia dapat memecahkan rekor sebagai pemain pertama yang bermain di 5 edisi Piala Eropa. 

Saat Portugal menjadi tuan rumah edisi 2004, Ronaldo sudah menembus tim utama.

Di tiga edisi setelahnya, pemain yang kini berusia 36 tahun selalu menjadi andalan dan akhirnya mampu membantu Portugal jadi kampiun pada edisi terakhir Piala Eropa.

Sebenarnya, penjaga gawang legendaris Spanyol, Iker Casillas juga mengikuti 5 edisi Piala Eropa (2000, 2004, 2008, 2012, 2016). Namun, Casillas tidak bermain sama sekali di edisi 2000 dan 2016.

Baca Juga: Main untuk Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo Diingatkan Tak Dapat Keistimewaan

Dari empat edisi tersebut, Ronaldo telah bermain sebanyak 21 kali, rekor penampilan terbanyak sepanjang masa Piala Eropa. Bersama Cesc Fabregas, Ronaldo merupakan pengumpul kemenangan terbanyak di Piala Eropa (11 kemenangan). 

Selain itu, bomber Juventus tersebut juga dapat memecahkan rekor gol Michel Platini sebagai top skor sepanjang masa Piala Eropa.

Ronaldo kini telah memilik 9 gol dari 4 penampilan, dan butuh satu gol lagi untuk melewati Platini. 

Kepada uefa.com, Ronaldo mengungkapkan fokusnya hanya kepada penampilan tim. Menurutnya, rekor-rekor tersebut ada untuk dipecahkan, tetapi rekor tersebut akan datang dengan sendirinya. 

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa Euro: Kans Cristiano Ronaldo Jadi yang Terbaik

"Ini akan menjadi laga yang memuaskan. Tim telah beriap, ini laga pembuka bagi Portugal dan ini merupakan tantangan sulit karena stadion akan dipenuhi suporter Hungaria," sebut eks bomber Real Madrid. 

"Saya merasa puas, tetapi seperti yang telah saya katakan sebelumnya, rekor ada untuk dipecahkan." 

"Saya harap saya akan menajdi pemain pertama yang bermain dan mencetak gol di 5 edisi Piala Eropa. Itu akan menjadi pertanda bagus jika saya dapat mambantu Portugal menang." 

"Yang terpenting adala tim dapat meraih kemenangan dan kami memulai turnamen dengan benar. Seperti yang telah saya katakan, rekor-rekor itu akan datang dengan sendirinya," tandas peraih 5 kali Ballon d'Or. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x