Kompas TV regional update corona

Ratusan Makam Khusus Covid-19 di Bandung Dibongkar, Ternyata Jenazahnya Tidak Terpapar Virus Corona

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 09:04 WIB
ratusan-makam-khusus-covid-19-di-bandung-dibongkar-ternyata-jenazahnya-tidak-terpapar-virus-corona
Sejumlah pemikul jenazah dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) menggotong dan memakamkan peti berisi jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Cikadut, Jalan Cikadut, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (1/2/2021). (Sumber: Tribun Jabar/Gani Kurniawan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

BANDUNG, KOMPAS.TV - Sebanyak 700 jenazah yang dimakamkan secara prosedur Covid-19 di TPU Cikadut, Kota Bandung, Jawa Barat, ternyata tidak terpapar virus corona.

Ratusan jenazah tersebut kala itu terpaksa dimakamkan dengan prosedur Covid-19. Sebab, mereka meninggal sebelum hasil swab PCR keluar.

Baca Juga: Hati-Hati!! Varian Covid-19 India Menyebar Lebih Cepat, Menkes Sebut Sudah Mendominasi Daerah Ini!!

Akibatnya, dari 700 jenazah yang telah dimakamkan dengan prosedur Covid-19, sebanyak 196 makam di antaranya akhirnya dibongkar atas permintaan keluarga.

Kepala Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung, Bambang Suhari, mengatakan ratusan makam yang dibongkar itu sebagian ada yang dipindah ke luar Kota Bandung.

Lalu sebagian lainnya ada pula yang dipindah ke pemakaman keluarga dan TPU di Kota Bandung.

Baca Juga: Ganjar Minta Bupati Kudus Tegas kepada Para Camat Terkait Penanganan Covid-19

"Sebanyak 71 jenazah dipindahkan ke luar Kota Bandung. Sementara sisanya, 125 jenazah dipindah ke pemakaman keluarga atau TPU milik pemerintah yang tersebar di Kota Bandung," kata Bambang dikutip dari Tribunnews.com Senin (14/6/2021).

Bambang menjelaskan, sesuai aturan yang berlaku, semua pasien yang dirawat di rumah sakit, terutama yang memiliki gejala Covid-19 harus menjalani swab PCR.

Hal itu untuk memastikan apakah pasien tersebut terpapar oleh Covid-19 atau tidak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.