Kompas TV regional berita daerah

BP2MI Gerebek Gedung Penampungan di Malang Tempat 5 Calon TKW Lompat

Senin, 14 Juni 2021 | 21:17 WIB

MALANG, KOMPAS.TV-Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggerebek BLK Central Karya Semesta, Sabtu (12/06/2021).

Rombongan melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasca peristiwa kaburnya lima calon TKW beberapa waktu lalu, dengan cara melompat dari lantau 4 gedung penampungan yang terletak di Jalan Rajasa Kelurahan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengklarifikasi langsung informasi pada para calon TKW ini. Namun setiap pertanyaan yang diberikan dijawab kompak dan serentak.

Selain itu pihak BLK turut menyangkal pernyataan korban. Pihak BLK menyebut tidak ada penyitaan ponsel maupun penyiksaan.

Hal tersebut membuat Benny curiga dan memilih bertanya secara acak pada para pekerja migran ini. Dari situlah ditemui titik terang, sejumlah kejanggalan didapatkan.

Mulai dari calon TKW yang sudah mendapat kontrak penempatan kerja, namun tidak memegang salinan perjanjian kontrak. Upah tidak layak yang diterima jika nanti mereka mulai bekerja, para calon TKW yang beraktifitas mengaku ponsel disita, hingga kebenaran bahwa ada satu calon pekerja migran yang meninggal dunia saat Lebaran lalu.

Benny juga mengecek langsung lantai tempat 5 calon TKW melompat untuk kabur.

Ia meyakini ada alasan mendesak yang membuat kelima pekerja tersebut nekat melukai diri dari ketinggian 15 meter.

"Kita akan lihat proses hukum Polresta, saya garansi jika temuan-temuan Polresta menguatkan, akan kita tutup perusahaan ini. Gak ada ampun. Gak ada kompromi. Gak ada negosiasi" tegas Benny usai sidak.

Usai meninggalkan BLK, rombongan langsung menuju RS Wava Husada Kepanjen untuk mengecek kondisi tiga korban yang tengah dirawat.

#tkwlompat #bp2mi

 

Penulis : KompasTV Malang

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19