Kompas TV regional berita daerah

Milad Ke-516 Kesultanan Banjar, Sejumlah Anugerah Diberikan Kepada Para Tokoh Berdedikasi

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 21:10 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Dewan Mahkota Kesultanan Banjar menggelar milad ke-516 Kesultanan Banjar di Kota Banjarmasin pada minggu 23 juni 2021.

Agenda peringatan hari lahir kerajaan banjar tersebut bertujuan meneguhkan adat budaya dan tradisi di Bumi Lambung Mangkurat.

Sejumlah anugerah Kesultanan Banjar diberikan bagi tokoh berdedikasi di berbagai bidang, mulai dari akademisi, praktisi lingkungan, seni budaya hingga pelestari kuliner Khas Banjar.

Pemberian Anugerah Cendekia Bidang Pendidikan dan Penelitian disematkan Sultan Banjar Khairul Saleh kepada Mansyur, sejarawan asal Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, bersama dua tokoh lainnya yakni Abdurrahim Al-Audah dan Humaidi.

Baca Juga: Sambut HUT Bhayangkara, 65 Anak Jalani Operasi Bibir Sumbing Gratis

Sultan Banjar, Khairul Saleh mengungkapkan dalam milad ke-516 Kesultanan Banjar ini diharapkan dapat kembali meneguhkan adat sebagaimana tradisi khas warga banua di Bumi Lambung Mangkurat.

“Semodern apapun zamannya, sekeras apapun cobaan dan tantangannya generasi hari ini, setinggi apapun pendidikannya, seindah apapun karya sastra dan seni, sehebat apapun jabatan dan amanah yang dipegang oleh anak-anak banua banjar harus luruh dan takzim kepada ajaran agama Islam,” ucap Khairul Saleh.

”Inilah yang saya maksud dengan meneguhkan adat menegakkan syara untuk menegakkan NKRI yang Baiman, Bauntung Batuah sepanjang masa,” tambahnya.

Baca Juga: Ajang UMKM 2021, Sarana Kebangkitan Ekonomi Kota Banjarbaru

Milad ke-516 Kesultanan Banjar kali ini mengusung tema meneguhkan adat, menegakkan syara, merawat NKRI menjadi cita dan harapan serta spirit bagi Masyarakat Banjar demi memperkokoh NKRI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x