Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Berencana Labeli Peringatan Kesehatan Tiap Batang Rokok

Senin, 14 Juni 2021 | 22:53 WIB
inggris-berencana-labeli-peringatan-kesehatan-tiap-batang-rokok
Ilustrasi rokok menyebakan berbagai penyakit dan menggangu kesehatan. (Sumber: Amritanshu Sikdar / Unsplash)

LONDON, KOMPAS.TV - Politikus partai konservatif, George Young mengusulkan undang-undang untuk memastikan setiap batang rokok yang dijual dilabeli peringatan kesehatan.

Saat ini, undang-undang tembakau di Inggris telah mewajibkan bungkus rokok mencantumkan sejumlah peringatan kesehatan seperti ''merokok membunuhmu'' dan sejumlah peringatan kesehatan lainnya.

Dilansir dari LADbible, usulan tersebut akan diumumkan oleh parlemen pada Senin (14/6/2021). Jika disahkan, aturan baru ini juga mencakup denda bagi perusahaan rokok yang tidak mencantumkan peringatan.

"Ini gratis dan lebih efektif daripada peringatan kesehatan pada bungkusnya. Jika Pemerintah merespons secara positif dan saya akan senang jika itu terjadi," kata George Young.

Baca Juga: Wanita di Afrika Selatan Melahirkan 10 Bayi Kembar, Pertama di Dunia!

Deborah Arnott dari Action on Smoking and Health juga mendukung usulan dari pejabat tersebut. Menurutnya hal itu lebih efektif.

"Rokoklah membunuh perokok, bukan bungkus rokok, jadi jelas di situlah peringatan kesehatan paling dibutuhkan. Yang dibutuhkan hanyalah dukungan Pemerintah agar kita menjadi negara pertama yang menerapkan 'merokok membunuhmu' pada batang rokok itu sendiri," ujarnya.

Namun usulan tersebut mendapat sejumlah penolakan dari berbagai kalangan. Salah satunya Simon Clark dari komunitas perokok 'Forest'. Menurutnya, perokok sudah cukup sadar dengan masalah kesehatan dan resikonya.

Baca Juga: Jill Biden pakai Jaket 'Love' Saat Bertemu PM Inggris dan Istri, Ada Pesan Tersembunyi ?

Penulis : Dian Nita | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Peristiwa

Kasus Corona Melonjak di Riau

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19