Kompas TV nasional politik

Banyak Relawan Nyatakan Dukungan ke Ganjar, Seknas Jokowi: Tetap Menunggu Komando

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 19:30 WIB
banyak-relawan-nyatakan-dukungan-ke-ganjar-seknas-jokowi-tetap-menunggu-komando
Sekretaris Jenderal Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Dedy Mawardi. (Sumber: Dok. Seknas Jokowi)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapat banyak dukungan dari para relawan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi untuk maju ke Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Seknas Jokowi, Dedy Mawardi, seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Kendati demikian, Dedy mengingatkan bahwa dukungan tersebut lantas tak mewakili sikap resmi Seknas Jokowi, karena masih menunggu arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Memang banyak relawan Jokowi ada yang terang-terangan atau hanya ganti kostum (mendukung) Ganjar (Pranowo). Tetapi Seknas tetap menunggu komando Jokowi," ucap Dedy.

Baca Juga: Jokowi Minta Relawan Tidak Buru-buru Menentukan Sikap Terkait Pilpres 2024

Dedy mengungkapkan, sudah ada sejumlah tokoh dan politisi yang melakukan pendekatan ke Seknas Jokowi.

Presiden Jokowi pun sempat menyampaikan hal serupa, saat membuka Rapat Pimpinan Nasional Seknas Jokowi secara daring, Sabtu (12/6/2021).

Namun, Dedy tetap menyatakan hal yang sama, Seknas akan taat dengan arahan Jokowi terkait pemberian dukungan kepada salah satu sosok calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Seknas belum dukung (capres) siapapun, nunggu arahan Pak Jokowi. Di dalam pidato di Rapimnas kemarin Pak Jokowi (juga) memberikan arahan kepada Seknas untuk bersabar, tunggu komando dan pelajari dulu konstelasi politik," tutur Dedy.

"Seknas juga akan mempelajari semua hasil survei calon presiden 2024 dari seluruh lembaga untuk digunakan sebagai acuan dalam menetukan sikap pilihan di (Pilpres) 2024," lanjutnya.

Baca Juga: Terkait Pilpres 2024, Ini Arahan Presiden Joko Widodo ke Relawan Jokowi: Enggak Usah Grasa-grusu

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan bahwa tak sedikit pihak yang menarik-narik organisasi relawan yang tergabung dalam Seknas Jokowi untuk kepentingan Pilpres 2024.

"Sekarang saja sudah ada relawan Jokowi yang ditarik-tarik mendukung si A, sudah ada yang dirayu-rayu mendukung si B, dan dirangkul oleh si C, dan sebagainya, tetapi masih lebih banyak lagi relawan yang masih menunggu," kata Jokowi.

Menanggapi itu, Jokowi meminta para relawannya untuk bersabar dan tidak terburu-buru, waktu yang ada masih cukup untuk mengamati situasi.

Jokowi pun lebih memilih untuk mengajak relawannya mempelajari kontestasi dan peta politik dengan baik.

"Nanti pada saatnya saya akan berbicara. Saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x