Kompas TV nasional peristiwa

Kata Sopir Truk Setelah Polri Tindak Preman di Tanjung Priok: Tak Ada Pungli, tapi Bongkar Muat Lama

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 18:41 WIB
kata-sopir-truk-setelah-polri-tindak-preman-di-tanjung-priok-tak-ada-pungli-tapi-bongkar-muat-lama
Aktivitas bongkar muat truk kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (29/3/2021). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggelar inspeksi mendadak atau sidak ke kawasan Jakarta International Container Terminal (JICT) Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Minggu (13/6/2021) siang.

Sidak kali ini digelar polisi untuk memastikan bahwa tidak ada lagi pungutan liar alias pungli terhadap sopir truk kontainer pascapenangkapan sejumlah oknum.

Baca Juga: Tanjung Priok Memanas, Aksi Pecah Kaca Mulai Lagi, Disebut Imbas Ditangkapnya Mafia Pungli

Berdasarkan rekaman video yang dibuat pihak kepolisian, saat sidak polisi sempat menanyakan situasi terkini di JICT kepada sejumlah sopir.

Kepada polisi, para sopir mengaku tidak ada lagi pungli. Namun, sebagian sopir mengeluhkan antrean bongkar muat karena alasan kerusakan alat angkut di pelabuhan.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis Aryana, membenarkan adanya kerusakan crane tersebut sehingga membuat truk terhambat

"Iya benar (adanya kerusakan crane yang membuat truk terhambat)," kata Putu dikutip dari Kompas.com pada Senin (14/6/2021).

Putu mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pimpinan JICT agar permasalahan tersebut segera diatasi.

Baca Juga: Operasi Berantas Preman dan Pungli di Tangerang, 34 Orang Dibekuk

"Kami sudah infokan ke pimpinan JICT untuk diambil langkah penanganan secepatnya agar pelayanan tidak terganggu," ujar dia.

Dalam sidak tersebut, beberapa sopir mengaku sudah tidak lagi dikutip pungli. Namun, mereka harus menunggu beberapa jam untuk melakukan bongkar atau muat di kawasan JICT.

"Alhamdullilah enggak ada, Pak (pungli). Tadi ngantre dari jam 10, cuma tadi penuh alatnya rusak. Tadi sudah gerak, tapi alat rusak," ujar salah satu sopir di kawasan JICT.

"Kalau alatnya ada, cepat (bongkar muat). Tapi tergantung yang kerjanya, kadang-kadang kalau malam mesinnya hidup, orangnya tidur," ujar sopir lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.