Kompas TV nasional update corona

2 Dampak Covid-19 Varian Delta yang Merebak di Kudus

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 17:46 WIB
2-dampak-covid-19-varian-delta-yang-merebak-di-kudus
Arahan Bupati Kudus dalam Rakor Penanganan Covid-19, Senin (24/5/2021) (Sumber: Doc. Humas Pemprov Jateng)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Covid-19 varian B16172 (delta) atau yang berasal dari India telah merebak di Kudus Jawa Tengah. Hal ini dipastikan Kelompok Kerja (Pokja) Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM berdasarkan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) pada 11 Juni lalu.

Sebanyak 28 dari 34 sampel yang diperiksa di Kudus terkonfirmasi sebagai Covid-19 varian delta. Artinya, kasus Covid-19 di Kudus kemungkinan besar ada transmisi lokal varian delta.

"Sebelumnya sudah terdeteksi beberapa kasus tetapi masih acak dan sekarang sudah jadi klaster di Kudus, tidak menutup kemungkinan transmisi lokal juga keluar dari Kudus," ujar Ketua Pokja Genetik FKKMK UGM, Gunadi, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Lonjakan Covid-19 di Kudus Dipicu Varian Delta?

Varian delta telah ditetapkan WHO menjadi Variant of Concern (VoC) pada 31 Mei 2021 karena berdampak besar terhadap kesehatan masyarakat secara global.

Varian ini dimasukkan dalam kategori VoC karena memenuhi satu atau lebih dari tiga dampak yang ditimbulkan yakni daya transmisi, tingkat keparahan pasien, dan mempengaruhi sistem imun manusia. 

Varian delta telah terbukti menimbulkan dua dampak yaitu lebih cepat menular dan mampu memengaruhi respons sistem imun manusia. 

"Transmisi yang begitu cepat telah terlihat pada kasus di India dan Kudus," ucapnya. 

Untuk mengantisipasi dampak Covid-19 varian delta, Gunadi meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, termasuk mereka yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 sebab reinfeksi Covid-19 masih bisa terjadi setelah divaksin.

Baca Juga: Ganjar Sebut Varian Delta India Masuk Kudus, Masyarakat Diminta Jangan Kucing-kucingan


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.