Kompas TV video sinau

Piala Eropa 2020: Profil Singkat Timnas Belanda

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 18:16 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Timnas Belanda akhirnya kembali tampil di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Eropa setelah lolos ke perhelatan utama Piala Eropa 2020. Sebelumnya, Belanda diketahui gagal lolos ke Piala Eropa 2016 dan ajang Piala Dunia 2018.

Di Piala Eropa 2020, Belanda tergabung di Grup C bersama Austria, Ukraina Dan Makedonia Utara, setelah lolos babak kualifikasi dan menempati posisi runner-up di belakang Jerman, dengan meraih 19 poin.

Timnas Belanda memiliki julukan “Der Oranje”, ini merujuk pada warna oranye yang melambangkan keluarga Kerajaan Belanda, House Of Orange.

Belanda saat ini dipimpin Frank De Boer, yang menggantikan posisi Ronald Koeman setelah menerima pinangan dari Barcelona.

Sementara posisi kapten tim dipegang Georgino Wijnaldum, salah satu pemain yang dibawa timnas Belanda di ajang Piala Dunia FIFA 2014.

Tahun ini Belanda mencatatkan penampilan kesepuluh di ajang Piala Eropa. Belanda berhasil meraih prestasi terbaik sepanjang berkompetisi di ajang ini, yakni sebagai juara pada Piala Eropa tahun 1988.

Selain itu, Belanda tercatat 3 kali mencapai Final Piala Dunia FIFA pada tahun 1974, 1978, dan 2010.

Dalam bersaing di laga Piala Eropa, Belanda tampil dengan deretan pemain bintang yang diharapkan mampu membawa Der Oranje meraih trofi Henri Delaunay.

Beberapa pemain tersebut adalah:

1. Daley Blind

Daley Blind adalah pemain multifungsi di tubuh skuad Belanda untuk Piala Eropa 2020. Ia diketahui bisa bermain sebagai bek tengah, bek kiri, dan gelandang.

2. Matthijs de Ligt

De Ligt adalah bek muda timnas Belanda, yang tercatat telah mengoleksi 26 caps dan 2 gol untuk timnas senior sejak 2017.

3. Georginio Wijnaldum

Pemain aktif timnas senior Belanda yang berposisi sebagai gelandang sekaligus kapten tim ini telah mencatatkan lebih dari 40 penampilan sejak debutnya di timnas tahun 2011.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x