Kompas TV video sinau

Serba-serbi Stadion Wembley London, Stadion Terbesar kedua di Eropa

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 19:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Piala Eropa 2020 berlangsung sejak 12 Juni hingga 12 Juli 2021. Perhelatan sepak bola terbesar antarnegara Eropa tersebut digelar di 11 kota berbeda di 11 negara Benua Biru.

11 stadion tuan rumah telah ditunjuk untuk melangsungkan pertandingan, salah satunya adalah Stadion Wembley.

Stadion Wembley, London, merupakan salah satu tempat paling ikonik di Inggris, yang terletak di Wembley Park, London Borough Of Brent.

Stadion nasional milik Inggris ini tidak hanya digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola, tetapi juga sejumlah pertandingan olahraga lain seperti rugbi dan tinju.

Stadion Wembley memiliki keliling 1 kilometer, dan mencakup 4 juta meter kubik di dalam dinding dan di bawah atapnya, dengan kapasitas yang dapat menampung pengunjung hingga 90 ribu orang.

Hal tersebut menjadikan Wembley sebagai stadion terbesar di Inggris, dan terbesar kedua di Eropa.

Wembley pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1923, namun harus ditutup sementara pada tahun 2000. Setelah direnovasi selama 4 tahun sejak 2003 hingga 2007, Stadion Wembley akhirnya kembali dibuka secara resmi pada 7 Maret 2007.

A New Wembley atau Wembley Baru jadi nama lain stadion ini usai diperbarui. Lengkungan baja setinggi 140 meter yang mengitari stadion menjadi trademark baru Wembley.

Sejumlah pertandingan besar diketahui pernah digelar di Stadion Wembley, di antaranya sebagai tuan rumah 78 final Piala FA, dan 7 kali final Piala/Liga Champions.

Gelaran Piala Dunia 1966 yang membawa Inggris sebagai juara juga digelar di Stadion Wembley. Selain itu,stadion ini juga menjadi venue tuan rumah Piala Eropa 1996.

Pada Piala Eropa 2020, Stadion Wembley akan menggelar tiga babak penyisihan Grup D dan dua babak 16 besar. Stadion Wembley juga mendapatkan kehormatan untuk menggelar laga semifinal dan final Piala Eropa 2020.

Final Piala Eropa 2020 akan jadi turnamen sepakbola internasional besar pertama di Wembley sejak Piala Eropa 1996.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x