Kompas TV video cerita indonesia

Ada Varian Baru Corona di Kudus, Penyebaran Berasal dari Mana?

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 10:59 WIB
Penulis : Laura Elvina

KUDUS, KOMPAS.TV - Varian baru virus corona diketahui menyebar di Kudus, Jawa Tengah setelah 28 orang terdeteksi terpapar B1617 yang merupakan varian dari India.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo menyatakan pihaknya belum bisa mengetahui asal sumber penyebaran varian baru ini di Kudus.

"Kita belum tahu itu dari mana, kontak dengan siapa karena sudah terjadi di hampir seluruh wilayah. Kalau baru satu RT gitu kita bisa menelusuri," kata Yulianto saat mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kudus, Minggu (13/6/2021).

Menurut Yulianto, pihaknya baru mengetahui bahwa lonjakan Covid-19 di Kudus disebabkan oleh varian baru B1617, setelah mengirimkan sample kepada balai penelitian di UGM dan Jakarta. Sample yang dikirim juga baru memiliki hasil setelah dua minggu.

Diperkirakan, varian baru B1617 tidak hanya ada di Kudus, melainkan sudah menyebar ke daerah lain. Pemerintah Jawa Tengah saat ini memperketat PPKM Mikro untuk menghentikan penularan virus corona varian baru.

Video editor: Febi

Baca Juga: Menyusul Lonjakan Kasus Covid-19, Mulai Hari Ini Pemkab Kudus Berlakukan 7 Hari di Rumah Saja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.