Kompas TV internasional kompas dunia

Netanyahu Lengser, Akhiri 12 Tahun Pemerintahannya di Israel, Ini Penggantinya

Senin, 14 Juni 2021 | 10:20 WIB
netanyahu-lengser-akhiri-12-tahun-pemerintahannya-di-israel-ini-penggantinya
Perdana Menteri Israel yang baru, Naftali Bennett (kanan) berjabat tangan dengan pendahulunya, Benjamin Netanyahu dalam sesi Knesset (Parlemen Israel) di Yerusalem pada Minggu (13/6/2021). (Sumber: AP Photo/Ariel Schalit)

YERUSALEM, KOMPAS.TV – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu (71) resmi lengser dari jabatannya setelah Parlemen Israel menyetujui pemerintahan koalisi baru pada Minggu (13/6/2021). Knesset, atau parlemen Israel, memilih Naftali Bennett, mantan sekutu Netanyahu, sebagai pengganti.

Melansir Associated Press, Bennett menang sangat tipis dalam pemungutan suara di Knesset, hanya berselisih 1 suara. Sebanyak 60 kursi di Knesset memilih untuk melengserkan Netanyahu, sementara 59 kursi berpendapat sebaliknya.

Kemenangan Bennett ini mengakhiri masa pemerintahan Netanyahu sebagai PM Israel selama 12 tahun terakhir.

Baca Juga: Terancam Koalisi Oposisi Israel, Netanyahu Menegaskan Dirinya Korban Konspirasi

Namun, Netanyahu menegaskan, ia tak berniat meninggalkan panggung dunia politik. “Jika memang kami ditakdirkan menjadi oposisi, kami akan melakukannya dengan punggung tegak sampai kami bisa menggulingkan pemerintahan yang berbahaya ini dan kembali memimpin negara,” kata Netanyahu.

Pemungutan suara itu mengakhiri sesi parlemen yang penuh badai, mengakhiri siklus kelumpuhan politik selama 2 tahun, di mana Israel sempat menggelar 4 kali pemilihan yang berakhir dengan jalan buntu. Pemungutan suara itu berfokus pada pemerintahan Netanyahu yang memecah belah dan kelayakannya  untuk tetap menjabat selagi diadili atas tuduhan korupsi.

Baca Juga: Demi Singkirkan Netanyahu dan Bentuk Pemerintahan Israel Bersatu, Oposisi dan Partai Arab Berkoalisi

Bagi para pendukungnya, Netanyahu merupakan sosok negarawan dunia yang mampu memimpin Israel melalui berbagai tantangan keamanan.

Namun bagi para pengkritiknya, Netanyahu telah menjadi pemimpin otokratis yang menggunakan taktik memecah belah yang kian memperburuk perpecahan dalam masyarakat Israel. Perpecahan itu termasuk ketegangan antara Yahudi dan Arab, dan dalam mayoritas masyarakat Yahudi antara kalangan agamis dan nasionalis.

Melansir AFP, Bennett merupakan seorang nasionalis sayap kanan Yahudi, jutawan teknologi, dan mantan komandan pasukan khusus Israel. Dia dilantik sebagai pemimpin koalisi delapan partai yang sebenarnya terbagi secara ideologis namun disatukan karena kemuakan mereka terhadap Netanyahu.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19