Kompas TV nasional sosial

Kisah Para Mahasiswa yang Mengangkat Tema Perceraian di Masa Pandemi dalam Skripsi

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 08:07 WIB
kisah-para-mahasiswa-yang-mengangkat-tema-perceraian-di-masa-pandemi-dalam-skripsi
Suasana sidang perceraian di Pengadilan Agama Balikpapan (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pandemi Covid-19 berdampak terhadap ketahanan keluarga. Banyak pasangan suami isteri yang memilih bercerai, salah satunya karena faktor ekonomi, pertengkaran yang terus menerus dan kekerasan dalam rumah tangga.

Tingginya angka perceraian selama wabah ini membuat beberapa mahasiswa membuat penelitian dan menuangkannya dalam skripsi.

Mutmainatun Ulfaniatri Magfiroh, misalnya. Lulusan program studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga  (IAIN) ini, membuat skripsi berjudul "Tingkat Perceraian Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pengadilan Agama Salatiga" pada tahun 2020 lalu.

salah satu kesimpulan dalam skripsinya adalah, "Selama masa pandemi Covid 19 di Pengadilan Agama Salatiga kasus perceraian mengalami peningkatan jika dilihat dari jumlah perkara yang
masuk. Tetapi dibandingkan dengan tahun 2019 kemarin, tahun 2020 ini jumlahnya lebih sedikit. Tahun 2019 kasus perceraian peningkatannya lebih banyak."

Baca Juga: Beredar Foto Antrean Sidang Cerai Aa Gym dan Teh Ninih di Pengadilan Agama Bandung

Untuk faktor ekonomi bisa dikatakan tinggi karena jumlahnya mencapai 150. Faktor ini juga dikatakan faktor yang mendominasi terjadinya peningkatan kasus perceraian yang terjadi
walaupun tidak menjadi faktor utama. "Tetapi faktor ini tetap menjadi faktor yang dominan," tulis Mutmaimatun.

Menurut perempuan kelahiran Kebumen, Jawa Tengah tahun 1998 ini,  awalnya dia tidak akan menulis soal itu. "Judul itu rekomendasi dari dosen saya. Terus saya teliti deh. Setelah saya teliti jadi menarik," kata Mutmainatun kepada KOMPAS TV, Minggu (13/6/2021).

Meski diakui masih banyak kekurangan karena waktu yang mepet, namun dia cukup bangga dengan hasil akhirnya. "Alhamdulilah dapat nilai AB," ujarnya.


Tema perceraian selama pandemi juga diangkat oleh Nela Firdayati, yang baru selesai pada Mei lalu dari Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.  Skripsinya berjudul,  "Analisis Perceraian Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di Pengadilan Agama Kelas 1 A Jambi).


Dalam kesimpulan skripsinya disebutkan, kasus perceraian di Pengadilan Agama Kota Jambi Kelas 1 A cukup tinggi, terlihat bahwa pada tahun 2019 ada 1109 perkara peceraian di Pengadilan Agama Kota Jambi, sedangkan pada tahun 2020 saat terjadinya pandemi ada 943 perkara perceraian, dalam
artian bahwasanya tingakt percerai tidak begitu jauh bedanya saat terjadinya pandemi, walau prosedur yang berbeda dari sebelumnya dan juga proses persidangan juga berbeda.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x