Kompas TV nasional kesehatan

Ketua Satgas Siapkan 6 Strategi Ini untuk Kendalikan Penyebaran Kasus Covid-19 di Indonesia

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 22:20 WIB
ketua-satgas-siapkan-6-strategi-ini-untuk-kendalikan-penyebaran-kasus-covid-19-di-indonesia
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito (Sumber: tangkap layar kanal YouTube BNPB Indonesia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenaikan kasus Covid-19 setelah libur Lebaran Idulfitri diperkirakan akan terus meningkat hingga awal Juli 2021.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito mengungkapkan pemerintah akan menerapkan enam strategi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Tanah Air. 

Strategi pertama, kata Ganip, yakni menekankan pengoptimalan 3K atau komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi khususnya dalam konteks pentahelix pengendalian Covid-19.

"Memastikan kerja sama (pemerintah) pusat sampai ke daerah berjalan dengan baik, kerja sama mulai dari Gubernur, Bupati, Wali Kota sampai jalur koordinasi RT/RW dioptimalkan dengan bantuan TNI dan Polri," kata Ganip dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Minggu (13/6/2021). 

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda untuk mengajak pendisiplinan protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat.

Strategi yang kedua, menutur pemaparan Ganip, pihaknya akan meningkatkan kedisipinan protokol kesehatan dan pembatasan mobilitas serta aktivitas penduduk.

Baca Juga: Usai Lebaran, Menkes Sebut Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Naik 100 Persen

Pemda dalam hal ini satgas Covid-19 daerah dan aparat kemanan diminta terus mengawal berjalannya protokol kesehatan yakni 3M serta melakukan kegiatan penegakan disiplin.

"Pembatasan aktivitas seperti hajatan, wisata religi, kunjungan/halal bihalal, tradisi pasaran, kegiatan sosial perlu diketatkan," tegas Ganip.

Sementara langkah ketiga, yakni dengan meningkatkan jumlah pemeriksaan testing dan memasifkan kegiatan tracing.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.