Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Pertolongan Pertama Luka Bakar Ringan, Jangan Panik dan Lakukan Langkah-Langkah Ini

Senin, 14 Juni 2021 | 03:05 WIB
pertolongan-pertama-luka-bakar-ringan-jangan-panik-dan-lakukan-langkah-langkah-ini
Ilustrasi P3K untuk melakukan pertolongan pertama (Sumber: flickr)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengetahuan mengenai pertolongan pertama sangat penting diketahui oleh masyarakat luas. Termasuk pertolongan pertama pada luka bakar ringan.

Pada orang dewasa, luka bakar kurang dari 20 persen akan menimbulkan shock. Hal ini lantaran cairan tubuh sebagian besar dikirim ke area luka sehingga volume darah yang mengalir ke otak dan jantung berkurang.

Sementara itu, untuk anak-anak, shock akan dirasakan saat terjadi luka bakar kurang dari 10 persen.

Pada saat seperti ini, pertolongan pertama sangat dibutuhkan guna menyelamatkan dan juga mencegah luka semakin terasa sakit.

Baca Juga: Punya Kebiasaan Menggigit Kuku? Begini 5 Tips Menghentikannya

Dilansir dari buku Pertolongan Pertama karya Kartono Mohamad, berikut langkah-langkah pertolongan pertama luka bakar ringan kurang dari 20 persen.

  1. Jauhkan tubuh dari penyebab luka bakar.
  2. Rendam bagian tubuh yang terbakar dengan air es atau air dingin selama 30 menit sampai 5 jam (tergantung keparahan luka bakar).
  3. Bisa juga mengompres area yang terbakar dengan kain bersih yang telah direndam air es. Hal ini betujuan untuk mengurangi rasa sakit.
  4. Minum obat pereda rasa nyeri jika dibutuhkan.
  5. Bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Demikian pertolongan pertama pada luka bakar. Dianjurkan untuk tidak mengelupas kulit di area yang melepuh, biarkan sampai kering dan mengelupas sendiri.

Penulis : Dian Nita | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:11
MENKEU SRI MULYANI MEMPERKIRAKAN RUPIAH DI KISARAN RP 14.200-RP 14.800 PER DOLLAR AS HINGGA AKHIR TAHUN   TRANSJAKARTA AKAN WAJIBKAN SEMUA PENUMPANG BAWA SURAT TANDA REGISTRASI PEKERJA (STRP) MULAI 14 JULI 2021   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: SANKSI DENDA PELAKU USAHA PELANGGAR PPKM DARURAT DI JABAR MENCAPAI RP 773 JUTA   MUHAMMADIYAH REKOMENDASIKAN PEMERINTAH SEGERA AMBIL LANGKAH TAKTIS TERKAIT KEBUTUHAN OKSIGEN PASIEN COVID-19   MUHAMMADIYAH COVID-19 COMMAND CENTER (MCCC) USUL POLISI KAWAL KENDARAAN DISTRIBUSI OKSIGEN   PASTIKAN AMAN DARI ANTRAKS, PETUGAS KPKP PERIKSA 981 HEWAN KURBAN DI JAKPUS   GOR MATRAMAN DI JAKTIM DIPERSIAPKAN JADI TEMPAT ISOLASI PASIEN COVID-19   PEMPROV DKI: VAKSINASI ANAK USIA 12-17 TAHUN AKAN DIGELAR DI MAL KOTA KASABLANKA DAN GEDUNG SMESCO PEKAN INI   DINSOS KOTA TANGERANG SEBUT BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DARI KEMENSOS BAKAL DISALURKAN VIA POS INDONESIA   WFH 100 PERSEN, LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA (LAN) GUNAKAN APLIKASI INTRANET UNTUK PANTAU PEGAWAI   PEMKOT TANGERANG SELATAN BERHARAP VAKSIN BERBAYAR TAK GANGGU SUPLAI VAKSIN GRATIS KE DAERAH   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO: PAVILIUN KIRANA RSCM SEGERA DIFUNGSIKAN SEBAGAI RS COVID-19   TINGKATKAN TARGET PENURUNAN MOBILITAS WARGA, KOTA SEMARANG AKAN PERBANYAK TITIK PENYEKATAN    GERINDRA MINTA PEMERINTAH BERI PENGHARGAAN BAGI TENAGA KESEHATAN, PETUGAS PEMBAWA JENAZAH, HINGGA SUKARELAWAN