Kompas TV nasional update corona

Antisipasi Lonjakan Kasus Corona, Satgas Covid-19 Buka Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 21:54 WIB
antisipasi-lonjakan-kasus-corona-satgas-covid-19-buka-tower-8-wisma-atlet-kemayoran
Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta yang digunakan sebagai Rumah Sakit Darurat (RSD) bagi penanganan Covid-19. (Sumber: KOMPAS.com/Reska K. Nistanto)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mulai membuka Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat sebagai antisipasi melonjaknya kasus positif Covid-19.

"Untuk mengatasi peningkatan kasus di DKI dan daerah penyangga, pemerintah akan membuka Tower 8 untuk perawatan pasien tanpa gejala,” ungkap Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito dalam konferensi pers daring, Minggu (13/6/2021).

Ganip menjelaskan, saat ini menara di rumah sakit darurat (RSD) tersebut digunakan sebagai tempat istirahat tenaga kesehatan.

Setelah diaktifkan menjadi ruang perawatan, para tenaga kesehatan akan dipindahkan ke hotel terdekat.

Baca Juga: Wisma Atlet Kian Penuh, Pemerintah Siapkan Rusun Cilincing Sebagai Tempat Isolasi

Pembukaan tower baru di Wisma Atlet Kemayoran ini, lanjut dia, akan menambah kapasitas hingga 1.572 tempat tidur.

Selain membuka tower baru, Ganip mengatakan, pemerintah akan menambah jumlah pasien di setiap kamar rumah sakit darurat, dari dua menjadi tiga tempat tidur.

Upaya itu diperkirakan akan bisa menambah 2.000 tempat tidur. Dengan demikian, total kapasitas rumah sakit darurat akan menjadi 9.566 tempat tidur, dari tadinya sekitar 5 ribuan.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Keterisian Ruang Rawat di RSD Wisma Atlet Capai 80,68 Persen

Sebelumnya, Ganip bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka fasilitas isolasi untuk pasien tanpa gejala di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara.

Lima menara dengan 16 lantai akan dipakai untuk perawatan pasien. Daya tamping pasien di rusun ini diperkirakan mencapai 2.550 tempat tidur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x