Kompas TV internasional kompas dunia

Khawatir Akan Dominasi China, G7 Siapkan Rencana Tandingan

Minggu, 13 Juni 2021 | 19:48 WIB
khawatir-akan-dominasi-china-g7-siapkan-rencana-tandingan
Ilustrasi negara-negara yang tergabung dalam G7. (Sumber: Getty)

LONDON, KOMPAS.TV - Kelompok negara maju G7, sepakat mendukung inisiatif Amerika Serkat (AS) untuk melawan dominasi China terkait bantuan pembangunan infrastruktur di dunia.

Dalam pertemuan di Inggris, Presiden AS Joe Biden bersama para pemimpin negara anggota G7 yang lain, setuju meluncurkan rencana tandingan Belt and Road Initiative (BRI) China.

Biden berharap inisiatif mereka, Build Back Better World (B3W), akan dapat menawarkan kemitraan infrastruktur yang lebih transparan, bernilai, dan berstandar tinggi.

Lebih lanjut, B3W bakal membantu meminjamkan dana sebesar USD40 triliun untuk negara-negara berkembang pada 2035.

Baca Juga: Negara G7 Pajaki Google Cs 15 Persen, Ditjen Pajak: Tarif Pajak Kita Lebih Tinggi

"Ini bukan hanya tentang menghadapi atau merebut dari China. Tapi sampai sekarang kami belum menawarkan alternatif positif yang mencerminkan nilai-nilai kami, standar kami, dan cara kami melakukan bisnis," kata pejabat senior dalam pemerintahan Biden, Minggu (13/6/2021).

"Biden bertemu dengan para pemimpin G7 untuk membahas persaingan strategis dengan China dan berkomitmen pada tindakan nyata untuk membantu memenuhi kebutuhan infrastruktur yang luar biasa di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah," ucap Gedung Putih.

Meski begitu, rincian tentang bagaimana rencana G7 tersebut akan dibiayai masih belum jelas, berapa banyak modal yang akan dialokasikan juga belum dipastikan.

Sejauh ini, Gedung Putih hanya menyebutkan bahwa AS akan bekerja sama dengan Kongres AS untuk melengkapi pembiayaan pembangunan yang ada.

Baca Juga: Hadiri Rapat G7 di London, Menlu India Isolasi Mandiri Diduga Usai Kontak dengan Pasien Covid-19

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:20
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19