Kompas TV nasional politik

Survei SMRC: Bila Pilpres Dilakukan Sekarang, Prabowo Subianto Unggul

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 16:11 WIB
survei-smrc-bila-pilpres-dilakukan-sekarang-prabowo-subianto-unggul
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkini menunjukkan bahwa, bila pemilihan presiden dilakukan saat ini, suara terbesar diperoleh Prabowo Subianto.

Dua pesaing utama Prabowo adalah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Hal ini disampaikan Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad, dalam rilis hasil penelitian bertajuk “Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Dua Tahun pasca Pemilu 2019” yang diselenggarakan secara daring pada Minggu, 13 Juni 2021, di Jakarta.

Menurut Saidiman, dalam survei ini SMRC meminta responden menentukan nama presiden yang akan dipilih dengan empat simulasi daftar nama capres: dengan 42 pilihan nama, 15 nama, 8 nama, dan 3 nama.

Di semua simulasi, nama Prabowo berada di urutan teratas, diikuti Ganjar dan Anies.

Dalam format pertanyaan semi terbuka 42 nama capres, Prabowo mendapat dukungan terbanyak 21,5%, disusul Ganjar 12,6%, dan Anies 12%. Nama-nama lain hanya mendapat dukungan suara di bawah 6%, seperti Sandiaga Uno (5,5%) dan Ridwan Kamil (4,4%).

Baca juga: Bicara Alutsista, Prabowo Sindir Prediksi Elite yang Yakin Indonesia Tak Akan Perang

Dalam simulasi pilihan 15 nama capres, Prabowo mendapat dukungan terbanyak 24,4%, disusul Ganjar 15,7%, dan Anies 14,3%. Nama-nama lain hanya mendapat dukungan suara di bawah 8%, seperti Sandiaga (7,9%) dan Ridwan (5,3%).

Dalam simulasi pilihan 8 nama capres, Prabowo mendapat dukungan terbanyak 26%, disusul Ganjar 16,3%, dan Anies 15,7%. Nama-nama lain hanya mendapat dukungan suara di bawah 9%, seperti Sandiaga (8,3%), dan Ridwan (5,6%).

Dalam simulasi pilihan terhadap 3 nama capres, Prabowo mendapat dukungan terbanyak 34,1%, disusul Ganjar 25,5%, dan Anies 23,5%.

Menurut Saidiman, survei ini menunjukkan tiga tokoh yang paling berpotensi untuk bertarung dalam Pilpres 2024 untuk sementara adalah Prabowo, Ganjar, dan Anies.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x