Kompas TV regional berita daerah

Varian Covid-19 Delta Masuk Kudus, Ganjar Pranowo Usul Semua di Rumah Saja

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 16:08 WIB
varian-covid-19-delta-masuk-kudus-ganjar-pranowo-usul-semua-di-rumah-saja
Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

KUDUS, KOMPAS.TV - Varian baru Covid-19 terdeteksi di Kabupaten Kudus, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan semua di rumah saja.

"Kenapa penularannya cepat sekali masyarakat mesti sadar betul. Saya mengusulkan kalau perlu semua di rumah saja," kata Ganjar ketika meninjau penanganan Covid-19 di Kudus, Minggu 13 Juni 2021.

Deteksi varian baru Covid-19 di Kudus diketahui setelah dilakukan uji Genome Sequencing pada sampel yang diambil dari pasien Covid-19.

Atas kenaikan angka pasien Covid-19 dan munculnya varian baru, Ganjar meminta masyarakat untuk semakin waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Adapun di daerah lainnya, akan segera dilakukan uji Genome untuk mengetahui lebih lanjut adanya varian baru atau tidak.

Baca Juga: Dua Pasien OTG Asal Kudus Meninggal Saat Jalani Isolasi di Asrama Haji Donohudan

Terkait kenaikan kasus ini, Ganjar akan juga meminta bantuan personel tambahan dari TNI dan Polri dari daerah sekitar Kudus untuk membantu dalam penanganan Covid-19.

Diketahui, varian baru Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia, yaitu varian B.1.1.7 asal Inggris, varian mutasi ganda B.1.617 asal India, serta B.1.351 yang berasal dari Afrika Selatan.

Sementara itu, varian baru yang sudah masuk Kudus yaitu varian mutasi ganda B.1.617 asal India atau disebut dengan varian Delta. Varian ini dialami oleh 28 warga kudus yang terpapar Covid-19. Diduga varian ini muncul lantaran banyaknya pekerja migran Indonesia yang pulang dan juga aktivitas di kawasan pelabuhan laut.

Baca Juga: Ganjar: Catat! Varian Baru Covid-19 Sudah Masuk di Kudus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.