Kompas TV nasional politik

Survei SMRC: Prabowo Subianto Unggul Survei Capres 2024 Disusul Ganjar, Anies, hingga Puan

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 16:07 WIB
survei-smrc-prabowo-subianto-unggul-survei-capres-2024-disusul-ganjar-anies-hingga-puan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Sumber: KOMPAS/WAWAN H PRABOWO)
Penulis : Fadhilah | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terpilih menjadi presiden apabila pemilihan dilakukan hari ini, Minggu (13/6/2021).

Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Manager Program SMRC Saidiman Ahmad mengatakan, Prabowo memenangi pertarungan berdasarkan kecenderungan pemilih pada nama-nama yang beredar selama ini untuk menjadi presiden.

Adapun pada survei tersebut, Saidiman mengaku mengajukan 42 nama yang berpeluang maju sebagai calon presiden (capres) 2024 kepada responden.

Hasilnya, Prabowo Subianto bertengger di urutan teraras dengan 21,5 persen suara.

Baca Juga: DItanya Deddy Corbuzier Maju di Pilpres 2024, Prabowo: Kita Ngopi Dulu

"Yang pertama kami ajukan pertanyaan semi terbuka, kita ajukan daftar nama 42 orang. Lalu kita buka peluang bagi responden untuk nama di luar itu dan kita menemukan Prabowo Subianto di urutan pertama dengan perolehan suara 21,5 persen," ujar Saidiman dalam konferensi pers, Minggu (13/6/2021).

Di urutan kedua, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan suara 12,6 persen.

Menyusul urutan berikutnya ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 12 persen serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 5,5 persen.

Kemudian, Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil 4,4 persen, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 4,3 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,2 persen.

Lalu, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini 2,9 persen dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri 2,4 persen.

Adapun survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 21-28 Mei 2021 dengan melibatkan 1.220 responden sebagai populasi survei.

Baca Juga: Survei: 45,3% Publik Tak Setuju Jokowi 3 Periode

Populasi survei tersebut adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang berusia 17 tahun atau lebih.

Adapun margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut kurang lebih sebesar 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.