Kompas TV nasional update corona

Kemenkes: Tingkat Keterisian Pasien Covid-19 di Sejumlah Wilayah Indonesia di Atas 70 Persen

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 17:39 WIB
kemenkes-tingkat-keterisian-pasien-covid-19-di-sejumlah-wilayah-indonesia-di-atas-70-persen
Ilustrasi pasien Covid-19 (Sumber: Shutterstock/Kobkit Chamchod)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap patuhi protokol kesehatan demi menghindari penularan Covid-19. Hal ini lantaran kasus harian per harinya kembali meningkat tajam. 

Berdasarkan data yang dimiiki Kemenkes, kasus positif Covid-19 terus meningkat dalam beberapa minggu terakhir hingga mendekati angka 9.000 per hari. Selain itu, tingkat keterisian, tempat tidur pasien Covid-19 di sejumlah wilayah sudah di atas 70%. 

"Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 terus meningkat dalam beberapa minggu terakhir, kasus harian bahkan sudah mendekati 9000 kasus/hari. Bed Occupancy Ratio (BOR) di sejumlah wilayah mencatatkan angka diatas 70%," tulis akun Twitter @KemenkesRI, Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: AS Imbau Warganya Mempertimbangkan Perjalanan ke Indonesia karena Covid-19

Kemenkes menyebut telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi ketika terjadi lonjakan kasus tersebut. 

"Langkah antisipasi telah disiapkan, pemeintah melalui Kemenkes RI mendorong penambahan kapasitas ruang isolasi dan ICU khusus Covid-19, menambah tenaga kesehatan dan memperkuat daerah untuk melaksanakan 3T (Testing, Tracing dan Treatment)," ujarnya. 

Selain melakukan antisipasi, dukungan dari masyarakat agar selalu mematuhi prokes untuk selalu dipatuhi. Sebab, tak dapat dipungkiri dalam membasmi pandemi ini pemerintah tak dapat bergerak sendiri tanpa adanya peran serta dari masyarakat. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tambah 246 Orang, Termasuk Nakes, RSUD dan Puskesmas di Indramayu Ditutup Sementara

"Selain dukungan dari pemda dan stakeholder terkait lainnya, yang tidak kalah penting adalah hadirnya dukungan dari masyarakat dengan disiplin menerapkan prokes 3M disetiap aktivitas sehari-hari. Dengan semangat gotong royong, optimis masa sulit ini bisa kita lewati," sambungnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x