Kompas TV video sinau

Piala Eropa 2020: Profil Singkat Timnas Belgia

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 16:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Laga penyisihan Grup B Piala Eropa 2020 antara Belgia vs Rusia, Minggu (13/6/2021) dinihari WIB, membawa Belgia menang telak dengan skor 3-0.

Sebelumnya pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020, Belgia berhasil melenggang ke babak utama usai keluar sebagai pemuncak klasemen Grup I.

Penampilan Belgia kali ini merupakan yang ketujuh kalinya sejak Belgia turut berkompetisi di ajang Piala Eropa.

Pada laga Low Countries yang mempertemukan Belgia dan Belanda, pers Belanda menyebutkan bahwa beberapa pemain Belgia bermain seperti setan.

Dengan kaos tim yang berwarna merah, dengan cepat timnas Belgia dijuluki sebagai "setan merah" (The Red Devils).

Timnas Belgia berada di bawah asuhan Roberto Martinez, yang melatih Belgia sejak tahun 2016. Sebelumnya, Roberto Martinez melatih klub asal Inggris yaitu Everton.

Kapten timnas Belgia saat ini adalah Eden Hazard. Meski tengah mengalami masa sulit bersama Real Madrid, winger berusia 30 tahun ini adalah ikon utama dari The Red Devils.

Timnas Belgia telah berpartisipasi dalam ajang Piala Eropa sejak tahun 1972, dan mencatatkan prestasi terbaiknya sebagai runner-up di Piala Eropa 1980.

Selain itu, Belgia berhasil keluar sebagai juara ketiga di Piala Dunia 2018 usai menghentikan perlawanan Inggris dengan skor 2-0 di Stadion St. Petersburg.

Berikut deretan pemain bintang yang jadi andalan timnas Belgia dalam Piala Eropa 2020:

1. Eden Hazard

Berposisi sebagai striker sekaligus kapten tim, Hazard yang debut di umur 17 tahun pada November 2008 silam ini telah mencatatkan 107 pertandingan, dan mampu membukukan 32 gol serta 33 asis.

2. Kevin de Bruyne

Gelandang timnas Belgia ini adalah sosok kunci di lini tengah yang memiliki torehan 38 asis dari 80 laga yang dilakoninya selama memperkuat Belgia sejak Agustus 2010.

3. Romelu Lukaku

Merupakan striker timnas Belgia yang debut pada usia 16 tahun, dan telah menyumbangkan 60 gol dari 93 laga yang telah dilakoninya.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.