Kompas TV regional berita daerah

Kaltim Kembangkan Ternak Sapi Kawasan Reklamasi Tambang

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 05:57 WIB

KUTAI KARTANEGARA, KOMPAS.TV - Beragam cara pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan dimasa pandemi covid, salah satunya adalah pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mencanangkan pengembangan peternakan sapi.

Dalam kunjungan kerja gubernur Kalimantan Timur di Desa Jonggon, Kabupaten Kutai Kartanegara, Isran Noor memantau kawasan peternakan sapi di lokasi bekas tambang yang telah direklamasi.

Kawasan bekas tambang ini telah disulap oleh sejumlah kelompok tani, yang produksi ternak sapinya meningkat tajam. Sejak 2 tahun terakhir, kelompok tani tersebut telah megembangbiakkan dari 40 ekor sapi induk, kini sudah berjumlah 300 ekor sapi.

Rencananya, kawasan ini menjadi percontohan kawasan pengembangan ternak sapi yang dibina oleh pihak perusahaan yang telah mereklamasi kawasan bekas tambang tersebut.

Meski demikian, pasca perkembangan peternakan sapi tersebut, kini mengalami kesulitan penyediaan pakan ternak dalam jumlah besar. Kelompok tani pun berharap ada bantuan yang bisa diberikan oleh pemerintah, untuk penyediaan alat pengolahan pakan ternak. Agar penyediaan kebutuhan pakan bisa terpenuhi secara efisien.

Pemerintah Kaltim berharap, agar pengembangan ternak sapi bisa dibentuk dibeberapa Kabupaten/Kota seluruh Kaltim.

#TernakSapi#KetahananPangan#LahanTambang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x