Kompas TV internasional kompas dunia

China Mulai Uji Klinis Vaksin Covid-19 Metode Hirup Lewat Hidung

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 03:25 WIB
china-mulai-uji-klinis-vaksin-covid-19-metode-hirup-lewat-hidung
Seorang staf memeriksa kualitas kemasan produk vaksin COVID-19 nonaktif di sebuah pabrik pengemasan milik Beijing Biological Products Institute Co., Ltd. di Beijing, ibu kota China, pada 25 Desember 2020. (Sumber: Xinhua/Zhang Yuwei)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BEIJING, KOMPAS.TV - Tim peneliti tengah melakukan uji klinis fase 1 dan fase 2 terhadap vaksin Covid-19 hirup buatan China, demikian disampaikan seorang pejabat kesehatan China pada Jumat (11/06/2021) seperti dilansir Xinhua, Sabtu, (13/06/2021)

Setelah merampungkan pengumpulan data uji klinis, para ahli akan mempelajari keamanan dan efektivitas dari vaksin hirup tersebut, sebuah versi modifikasi dari vaksin Covid-19 vektor adenovirus suntik yang telah dipasarkan, kata Shao Yiming, seorang peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, dalam sebuah konferensi pers.

Vaksin Covid-19 hirup tersebut dikembangkan bersama oleh para peneliti dari Institut Kedokteran Militer di bawah Akademi Ilmu Militer dan CanSino Biologics Inc. China.

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Vaksin AstraZeneca Aman, Efektif untuk Komorbid dan Lansia

Vaksin hirup atau semprot hidung tersebut dipilih sebagai salah satu teknologi vaksin China untuk memerangi COVID-19 sejak awal, tambah Shao.

Vaksin Covid-19 semprot hidung lainnya, yang dikembangkan oleh Universitas Xiamen, Universitas Hong Kong, dan Beijing Wantai Biological Pharmacy, telah menyelesaikan uji klinis fase 1 dan fase 2.

Para peneliti saat ini sedang melakukan uji klinis fase 3 di luar negeri, guna mengevaluasi lebih lanjut efikasi dari vaksin tersebut, menurut Shao.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.