Kompas TV kolom olahraga

Inggris Belum Terjangkit Demam Euro 2020

Sabtu, 12 Juni 2021 | 22:37 WIB
inggris-belum-terjangkit-demam-euro-2020
Marcus Rashford dan Jadon Sancho melakukan perlombaan lari dalam sesi latihan timnas Inggris di persiapan Euro 2020. (Sumber: Mirror Football)

Oleh: Anton Alifandi, Mantan Wartawan Tinggal di London

Di antara berbagai kartu identitas peliputan yang tersimpan di rumah, masih ada kartu identitas saya ketika meliput Euro ’96, terakhir kali Inggris menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola antar negara sebelum Euro 2020 ini.

Kartu liputan itu membuat ingatan saya melayang ke musim panas 25 tahun silam. Ketika itu demam sepak bola sudah amat terasa sejak sebelum turnamen dibuka.

Di mana-mana berkibar bendera salib St George Inggris, di berbagai pub, dan terutama di mobil-mobil yang “bersliweran” di jalanan.

Di radio dan televisi tak henti-henti diputar lagu “Football is Coming Home” yang syairnya menyuarakan optimisme bahwa sepak bola akan kembali ke negeri asalnya, 30 tahun setelah Inggris menjadi juara dunia. Gelora optimisme itu sangat terasa.

Dibanding tahun 1996, suasana kali ini jauh lebih sepi. Tak ada lagu khusus menyambut Euro 2020, dan saya baru melihat satu mobil yang memasang bendera Inggris di jalanan.

Demam sepak bola belum terasa, barangkali karena pandemi Covid-19 belum sepenuhnya reda, meskipun jumlah kematian sudah turun drastis.

Penulis : Zaki Amrullah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:57
BIRO STATISTIK NASIONAL ITALIA (ISTAT) SEBUT KEMISKINAN EKSTREM DI NEGARANYA MELONJAK KARENA PANDEMI COVID-19   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI MEMBAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) MALUKU CATAT 33 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DI MALUKU TENGAH   KEPALA BMKG: POTENSI TSUNAMI BISA MUNCUL DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, JIKA ADA LONGSOR BAWAH LAUT AKIBAT GEMPA SUSULAN   BMKG MINTA WARGA DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, WASPADA TSUNAMI AKIBAT GEMPA SUSULAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN BERHARAP PEMBANGUNAN JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM BISA RAMPUNG TEPAT WAKTU   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINJAU PROSES PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA PASTIKAN PROVINSI DKI JAKARTA BELUM TARIK REM DARURAT KARENA LONJAKAN KASUS KORONA   DINAS KESEHATAN MUNA BARAT, SULAWESI TENGGARA, GANDENG TNI-POLRI PERCEPAT PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19   SUDINKES JAKARTA PUSAT TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 16.000 ORANG PER HARI   PEMKOT BANDUNG TUTUP TEMPAT WISATA DAN HIBURAN SELAMA 14 HARI MULAI BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   SATGAS: KABUPATEN BANGKALAN, JATIM, JADI SATU-SATUNYA ZONA MERAH COVID-19 DI PROVINSI JAWA TIMUR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK SEMUA KOMPONEN BANGSA GOTONG ROYONG DAN FOKUS TANGANI PANDEMI COVID-19