Kompas TV nasional sosial

Resmi! Arab Saudi Putuskan Haji 2021 Hanya untuk Domestik dan Ekspatriat

Sabtu, 12 Juni 2021 | 19:39 WIB
resmi-arab-saudi-putuskan-haji-2021-hanya-untuk-domestik-dan-ekspatriat
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas (Sumber: Dok. Kemenag)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa skema haji 1442 H/2021 M hanya untuk warga negara Saudi dan warga asing (ekspatriat) yang saat ini tinggal di sana.

"Pemerintah Saudi mengumumkan haji hanya dibuka untuk domestik dan ekspatriat saja. Dengan menimbang keselamatan dan keamanan jemaah dari ancaman Covid-19 yang belum reda. Sebagaimana Pemerintah RI, keselamatan dan keamanan jemaah, selalu menjadi pertimbangan utama," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Sabtu (12/6/2021).

"Jumlah kuota ditetapkan 60 ribu, ini jauh lebih banyak dibanding tahun lalu," sambungnya.

Baca Juga: Sudah Nabung Sejak 2013 dari Hasi Jualan, Pasutri Ini Harus Rela Tertunda 4 Kali Berangkat Haji

Menag mengapresiasi Kerajaan Saudi Arabia yang akhirnya menyampaikan keputusan resmi terkait penyelenggaraan haji 2021.

Keputusan ini menjadi pedoman yang jelas bagi umat muslim seluruh dunia, tidak hanya Indonesia, dalam konteks penyelenggaraan haji 1442 H.

"Keputusan ini menunjukkan Saudi menomorsatukan aspek keselamatan dan kesehatan jiwa jemaah. Dengan pembatasan ini, maka protokol kesehatan akan tetap bisa berjalan dengan baik sekaligus mengantisipasi potensi penularan wabah dengan jumlah yang masif," jelas Gus Yaqut, sapaan akrab Menag.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:15
SEBANYAK 8.500 TENTARA BELA DIRI JEPANG AKAN JAGA KEAMANAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE TOKYO 2020   PENYELENGGARA OLIMPIADE TOKYO 2020 BERSIKERAS TIDAK AKAN IZINKAN PENONTON HADIR KE ARENA PERTANDINGAN   PEBALAP RED BULL RACING F1, MAX VERSTAPPEN, START DI POSISI TERDEPAN DI GP AUSTRIA   ATLET INDONESIA RAIH MEDALI EMAS PIALA DUNIA PANJAT TEBING 2021 YANG DIGELAR DI SWISS   TAMAN MINI INDONESIA INDAH KINI DIKELOLA OLEH PT TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN, DAN RATU BOKO (PERSERO)   KEGIATAN PENDAKIAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO DITUTUP SELAMA PPKM DARURAT   PEDAGANG KAKI LIMA MALIOBORO, YOGYAKARTA, TERANCAM JUAL ASET DAGANG KARENA TERDAMPAK PPKM DARURAT   ORGANDA MINTA PEMERINTAH REALISASIKAN BANTUAN DAN INSENTIF BAGI DUNIA USAHA DI TENGAH PEMBERLAKUAN PPKM DARURAT   ORGANISASI ANGKUTAN DARAT (ORGANDA) KELUHKAN TURUNNYA PENDAPATAN AKIBAT PEMBERLAKUAN PPKM DARURAT   EPIDEMIOLOG UNDIP SUHARYO HADISAPUTRO: PPKM DARURAT TIDAK AKAN EFEKTIF JIKA MASYARAKAT TIDAK DISIPLIN   POLISI AKAN TINDAK TEGAS PENGENDARA MOTOR PELANGGAR PPKM DI KALIMALANG, JAKARTA TIMUR   PEMERINTAH AKAN SANKSI TINDAKAN MENIMBUN DAN MELIPATGANDAKAN HARGA OBAT & ALKES DI TENGAH PANDEMI COVID-19   MENAKER IDA FAUZIYAH DORONG PERUSAHAAN DAN PEKERJA UNTUK IKUTI ATURAN PPKM DARURAT   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO BERHARAP PROGRAM KERJA PEMULIHAN SEKTOR PAREKRAF BISA DIKEBUT PASCA-PPKM DARURAT