Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi Minta ke Mahfud, Selesaikan Persoalan Papua Jangan dengan Senjata, Namun dengan Dialog

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 18:01 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Menko Polhukam Mahfud MD berdialog dengan pimpinan dan anggota majelis rakyat Papua di gedung Kemenko Polhukam, Jumat (12/06/2021). 

Dalam pertemuan dibahas berbagai persoalan di Papua. 

Mahfud menegaskan pemerintah akan menyelesaikannya dengan jalan dialog, bukan dengan letusan senjata. 

“Prinsipnya yang dianjurkan atau dijadikan arahan oleh Presiden menyelesaikan Papua itu jangan dengan senjata jangan dengan letusan pistol dan sebagainya tetapi harus dengar dialog demi kesejahteraan itu intinya. Ta8di kita Jelaskan juga keseluruhan kebijakan negara yang sudah dan akan terus dilakukan bahwa kalau soal KKB tentu saja namanya kelompok kekerasan bersenjata yang kita selesaikan secara hukum. Meskipun harus dialog dan tanpa senjata kalau kita tidak bertindak terhadap pelanggaran hukum juga tidak boleh karena penegakan hukum juga bagian dari upaya memperlancar dialog-dialog bagi seluruh rakyat Papua yang di luar KKB,”tegas Mahfud. 

Ketua Majelis Rakyat Papus Timotius Murib menyebut pihaknya menyampaikan sejumlah masukan terkait proses perubahan kedua undang-undang nomor 21 tahun 2001, tentang otonomi khusus provinsi Papua. 

Timotius menilai revisi (RUU Otsus) yang komprehensif ini perlu demi memperbaiki infrastruktur hukum di Papua dan Papua Barat.

Ia juga mengapresiasi aspirasi didengar dan diakomodir oleh pemerintah. 

“Bapak Menko merespon sangat luar biasa aspirasi kami dan diakomodir dengan baik, melalui Dirjen Otonomi Daerah, yang hadir dalam pertemuan, supaya dapat disampaikan ke DPR, untuk jadi bahan pertimbangan, sekaligus masukan dan saran dari majelis rakyat Papua"ujar Timotius. 

Video Editor: Vila



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.