Kompas TV euro 2020 serba serbi

Nessun Dorma, Lagu Sarat Makna yang Berkumandang di Malam Pembukaan Euro 2020

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 18:41 WIB
nessun-dorma-lagu-sarat-makna-yang-berkumandang-di-malam-pembukaan-euro-2020
Suasana pembukaan Piala Eropa 2020 berlangsung megah nan meriah di Stadion Olimpico, Roma, pada Sabtu (12/2/2021) dini hari WIB. Bintang utama pada acara pembukaan itu adalah penyanyi Tenor kawakan Italia, Andrea Bocelli. (Sumber: AFP/ANDREW MEDICHINI)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ROMA, KOMPAS.TV - Euro 2020 sudah resmi dibuka dengan begitu megah dan meriah di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Dalam upacara pembukaan tersebut, tampil penyanyi tenor kawakan Italia, Andrea Bocelli sebagai bintang tamu utamanya.

Malam itu, Andrea Bocelli membawakan lagu Nessun Dorma yang begitu sarat akan semangat dan emosi di hadapan sekitar 13.000 penonton yang diperbolehkan hadir langsung di stadion.

Baca Juga: Hasil Euro 2020: Trigol di Babak Kedua Bawa Italia Menang Telak Atas Turki

Kontributor Kompas TV, Antonius Agnandito yang hadir langsung pada acara tersebut, melaporkan bahwa lagu yang dibawakan Bocelli memiliki pesan mendalam di kultur orang Italia.

"Lagu Nessun Dorma dalam bahasa Indonesia bisa diartikan 'Tidak Ada yang Tertidur'," ujar Antonius kepada KompasTV.

"Lagu ciptaan komposer Italia Giacomo Pucinni ini merupakan lagu yang sangat penting di budaya Italia. Tidak jarang, lagu ini dipermainkan di berbagai acara nasional Italia," imbuhnya.

Menurut pelajar asal Indonesia tersebut, lagu ini juga tidak boleh sembarang dinyanyikan, karena begitu sakralnya.

Baca Juga: Lima Faktor Kunci Kemenangan Italia Atas Turki di Laga Pembuka Euro 2020

"Lirik lagu ini menggambarkan sebuah 'kemenangan', yang kemudian, entah bisa diartikan sebagai kemenangan bagi Italia ataupun bagi Turki," tutur Antonius yang sedang menempuh pendidikan Ilmu Hubungan Internasional di Università Cattolica del Sacro Cuore, Milan.

"Namun, yang pasti lagu ini menggambarkan harapan atas kemenangan bagi kita semua dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19," pungkasnya.

Hingga pada akhirnya, Italia sukses menekuk Turki dengan skor 3-0 pada laga pembuka Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x