Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Minta Jokowi Tambah Personel TNI-Polri: Jangan Mikirin Anggaran Dulu

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 05:00 WIB
megawati-minta-jokowi-tambah-personel-tni-polri-jangan-mikirin-anggaran-dulu
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri (Sumber: KOMPAS/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Ke-lima RI, Megawati Soekarnoputri, mengaku pernah meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menambah personel TNI-Polri.

Pasalnya, jumlah anggota TNI-Polri saat ini dirasa belum cukup jika dibandingkan dengan luas wilayah Indonesia.

Baca Juga: Ini Alasan Megawati Dapat Gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan

Untuk menambah personel TNI-Polri, Megawati menuturkan, Presiden Jokowi tidak perlu pusing dengan anggaran belanja yang harus dikeluarkan.

Demikian Megawati menceritakan hal tersebut saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (11/6/2021).

“Saya bilang pada Pak Jokowi begini, 'Bapak itu musti nambahi yang namanya, baik TNI kita maupun polisi kita jumlah anggotanya’. Sudah jangan mikirin belanja anggaran dulu,” kata Megawati pada Jumat.

Baca Juga: Prabowo Subianto dan Nadiem Makariem Dapat Ucapan Terima Kasih Khusus dari Megawati

Megawati lantas menyinggung situasi keamanan yang terjadi di tanah Papua. Ia pun memberikan saran kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan untuk menuntaskan konflik tersebut.

Menurut dia, salah satu kesulitan aparat menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua karena mereka lebih mengenal medan.

“Saya bilang di sini ada Pak BIN, Pak Budi Gunawan, 'Piye toh yo, yang namanya urusan Papua itu, menurut saya loh, itu kan mereka yang tuan rumah toh, tahu jalan-jalan tikus’,” ucap dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.