Kompas TV internasional kompas dunia

WHO Sebut 47 Negara di Afrika Terancam Gagal Penuhi Target Vaksinasi Covid-19

Sabtu, 12 Juni 2021 | 00:00 WIB
who-sebut-47-negara-di-afrika-terancam-gagal-penuhi-target-vaksinasi-covid-19
Seorang tenaga medis menyiapkan dosis vaksin COVID-19 di sebuah rumah sakit di Accra, ibu kota Ghana, pada 19 Mei 2021. (Sumber: Xinhua/Seth)

NAIROBI, KOMPAS.TV - Sembilan dari sepuluh negara di Afrika berpotensi gagal memenuhi target vaksinasi 10 persen dari populasi mereka terhadap Covid-19 pada September mendatang. Potensi kegagalan ini akan meredupkan harapan untuk membendung pandemi di benua itu

Demikian diungkapkan Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO untuk Afrika, pada Kamis (10/06/2021) seperti dilansir Xinhua, Jumat, (11/6/2021).

Moeti mengatakan hampir 90 persen, atau 47 dari 54 negara di Afrika, melenceng dari target untuk dapat melakukan vaksinasi Covid-19 bagi 10 persen populasi mereka dalam tiga bulan ke depan, bahkan saat mereka berjuang mengatasi lonjakan infeksi.

"Di saat kami mendekati angka lima juta kasus positif dan gelombang ketiga (Covid-19) di Afrika menghantui, banyak masyarakat yang paling rentan masih sangat berisiko terpapar Covid-19," kata Moeti dalam pernyataannya.

Statistik dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Afrika menunjukkan benua itu mendapatkan 54,9 juta dosis vaksin dan 35,9 juta di antaranya telah didistribusikan pada 7 Juni.

Baca Juga: CDC Afrika: Kasus Positif Covid-19 Tembus 4,16 juta, 3,7 juta Sembuh

Para pelancong yang baru menaiki Jalur Kereta Rel Standar (Standard Gauge Railway/SGR) terlihat di Mombasa Terminus di Kenya pada 3 Mei 2021. (Sumber: Xinhua/Dihoff Mukoto)

Menurut CDC Afrika, lima negara Afrika teratas yang memimpin dalam upaya vaksinasi Covid-19 antara lain Maroko, Mesir, Nigeria, Ethiopia, dan Afrika Selatan.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:02
PAKTA PERTAHANAN ATLANTIK UTARA (NATO) AKAN BAHAS ANCAMAN RUSIA DAN KEBANGKITAN MILITER TIONGKOK   KASUS HARIAN COVID-19 MASIH TINGGI, MALAYSIA PERPANJANG "LOCKDOWN" HINGGA 28 JUNI 2021   TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR UNTUK PASIEN COVID-19 DI DIY MENCAPAI 57,92%   SEJUMLAH RS DI DIY MELAPORKAN TEMPAT TIDUR UNTUK PASIEN COVID-19 TELAH TERISI PENUH   SEBANYAK 18 ORANG TERDIRI DARI GURU DAN SISWA SMK MA’ARIF NU TIRTO DI PEKALONGAN POSITIF TERINFEKSI COVID-19   PENYEBARAN KASUS COVID-19 JADI PERTIMBANGAN PEMPROV SUMUT DALAM MEMBUKA SEKOLAH TATAP MUKA   DINKES KOTA TANGSEL: JANUARI-MEI 2021, ADA 211 KASUS DBD DI KOTA TANGERANG SELATAN   KPK MENDORONG PENYERAHAN 33 ASET DARI PEMKAB SORONG KE PEMKOT SORONG YANG SUDAH 22 TAHUN MENJADI SENGKETA   KPK EKSEKUSI WALI KOTA NONAKTIF TASIKMALAYA BUDI BUDIMAN KE LAPAS KELAS 1 SUKAMISKIN, BANDUNG   PERTAMINA PASTIKAN PASOKAN BBM DAN LPG UNTUK MASYARAKAT TETAP AMAN PASCA-KEBAKARAN SATU TANGKI BENZENE DI CILACAP   TIDAK ADA KORBAN JIWA DALAM PERISTIWA TERBAKARNYA SATU TANGKI BENZENE PERTAMINA DI CILACAP   PERTAMINA: TANGKI BENZENE YANG TERBAKAR HANYA BERISI SEPERTIGA DARI TOTAL KAPASITAS TAMPUNG 500 RIBU LITER   PERTAMINA BELUM DAPAT PASTIKAN PENYEBAB KEBAKARAN SATU TANGKI BENZENE DI CILACAP   TANGKI PERTAMINA YANG TERBAKAR DI CILACAP BUKAN BERISI BBM