Kompas TV nasional wawancara

Buruh Pelabuhan: Pemalakan di Tanjung Priok Sudah Terjadi Puluhan Tahun

Jumat, 11 Juni 2021 | 21:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Penasihat Federasi Buruh Pelabuhan Indonesia, Ilhamsjah, mengungkapkan jika praktik pemalakan oleh preman di Tanjung Priuk, Jakarta Utara, telah terjadi sejak puluhan tahun silam.

Ilhamsjah menceritakan jika ada banyak tahapan pungli yang dialami oleh para sopir.

"Itu tahapan pertama dia keluar dari garasi dia itu sudah ada pungli. Jadi pungli pertama itu pungli yang dilakukan di jalan," kata Ilhamsjah.

Ia mengungkapkan setidaknya seorang sopir harus mengeluarkan Rp 45.000,- per harinya. Mirisnya, sopir tak memiliki penghasilan yang banyak. 

Berdasarkan data yang ia himpun sebelum masa pandemi Covid-19, setidaknya ada 12.000 lebih kontainer yang beroperasi di pelabuhan Tanjung Priok. Jika dirata-rata, setidaknya ada 540 juta uang sopir yang menguap di jalan tersebut.

"Uang yang dikeluarkan oleh sopir untuk pungli itu harusnya uang yang bisa dia bawa pulang untuk anak istrinya," sambungnya.

Simak pembahasannya bersama dengan Kepala Pusat Kajian Keamanan Nasional Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Hermawan Sulistyo, dan Dewan Penasihat Federasi Buruh Pelabuhan Indonesia, Ilhamsjah.


 

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:04
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   SEBANYAK 30 NARAPIDANA DI LAPAS KELAS II B SAROLANGUN, JAMBI, POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/ BADAN PERTANAHAN NASIONAL (ATR/BPN) PEROLEH PAGU INDIKATIF 2022 SEBESAR RP 8 T   PEMKOT TANGERANG AKAN MELIHAT DINAMIKA KASUS COVID-19 SEBELUM MEMUTUSKAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA   WALI KOTA TANGERANG BELUM BISA MENENTUKAN APAKAH PEMBELAJARAN TATAP MUKA BAKAL DIGELAR ATAU TIDAK   DISDIK KOTA TANGERANG DIRIKAN POSKO INFORMASI DAN PENGADUAN PPDB DI 339 SDN YANG TERSEBAR DI 13 KECAMATAN   POLDA METRO JAYA SEBUT PELAKU PUNGLI TIDAK PUNYA RASA TAKUT   TANGKAP 49 PELAKU PUNGLI TERHADAP SOPIR TRUK DI TANJUNG PRIOK, POLISI USUT DUGAAN KETERLIBATAN PIMPINAN PERUSAHAAN   KOMISI III DPR DUKUNG PRESIDEN JOKOWI BASMI PREMAN DI KAWASAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PER 10 JUNI, KETERISIAN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA MENCAPAI 65%   6 PROVINSI YANG BELUM PUNYA RSJ YAKNI: PAPUA BARAT, SULTRA, SULBAR, GORONTALO, KALTARA, DAN KEPULAUAN RIAU   PEMERINTAH AKAN BERI PERHATIAN KHUSUS TERHADAP 6 PROVINSI YANG BELUM PUNYA RUMAH SAKIT JIWA (RSJ)   KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN BUPATI NONAKTIF BANDUNG BARAT AA UMBARA   ICW LAPORKAN KETUA KPK FIRLI BAHURI KE DEWAN PENGAWAS ATAS DUGAAN PELANGGARAN ETIK