Kompas TV regional berita daerah

Penyu Bertelur di Pantai Temajuk Sambas

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 11:02 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

SAMBAS, KOMPAS.TV - Berbagai jenis penyu bertelur di sepanjang garis Pantai Temajuk Tanjung Api, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Mulai dari penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang dan penyu belimbing.

Dari keempat jenis penyu tersebut, menurut Pokmaswas Kambau Borneo yang konsen terhadap pelestarian penyu, kini penyu hijau yang masih sering terlihat naik ke darat untuk bertelur.

Berbeda halnya dengan jenis penyu belimbing yang mulai jarang terlihat untuk bertelur. Bahkan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, hanya ditemukan beberapa kali sisa track atau alur di pantai, bekas penyu belimbing bertelur.

Agar tidak terjadi kepunahan terhadap jenis penyu lainnya, Pokmaswas Kambau Borneo yang telah mendapatkan ijin dari instansi terkait, kemudian memindahkan telur-telur penyu.

Telur dibawa dari tepian pantai ke lokasi penetasan yang dipantau oleh anggota Pokmaswas Kambau Borneo. Karena jika dibiarkan, telur penyu ini akan rentan terhadap serangan predator, gelombang pasang, hingga pencurian oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Seekor penyu membutuhkan waktu satu sampai tiga jam untuk bertelur, dengan jumlah telur mencapai 80 sampai 140 telur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x