Kompas TV entertainment selebriti

Aa Gym Sebut Teh Ninih Turun Mesin 7 Kali Direspons Komnas Perempuan

Jumat, 11 Juni 2021 | 20:48 WIB
aa-gym-sebut-teh-ninih-turun-mesin-7-kali-direspons-komnas-perempuan
Aa Gym dan Teh Ninih. (Sumber: Tribun Pontianak)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ucapan Aa Gym sebut Teh Ninih yang sudah tujuh kali turun mesin viral di media sosial setelah diunggah oleh sejumlah akun Instagram.

"Ini adalah istri yang sudah 19 tahun mendampingi saya. Sudah tujuh kali turun mesin (melahirkan), hehe," ungkap Aa Gym dalam rekaman yang diunggah akun Instagram @mak_inpoh, Senin (7/6/2021) lalu.

Baca Juga: Kembali Digugat Cerai Aa Gym, Begini Reaksi Teh Ninih

Belum diketahui secara pasti kapan dan di mana Aa Gym melontarkan pernyataan itu.

Adapun Komnas Perempuan mengimbau semua pihak, khususnya pejabat publik, pesohor dan pemuka/tokoh masyarakat, untuk menghindari kekerasan psikis atau kekerasan verbal/simbolik dan pelecehan seksual kepada perempuan, serta turut mendukung pemulihan korban.

"Sebagai ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh perempuan, 'turun mesin' merupakan istilah peyoratif, yaitu sikap yang merendahkan, menghina atau mencemooh," ungkap Komisioner Komnas Perempuan, Bahrul Fuad.

Istilah ini, lanjutnya, rekat dengan cara pandang yang seksis, yaitu merendahkan harkat kemanusiaan berdasar jenis kelamin. Juga, cara pandang yang menempatkan perempuan sebagai obyek seks.

Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:52
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   SEBANYAK 30 NARAPIDANA DI LAPAS KELAS II B SAROLANGUN, JAMBI, POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/ BADAN PERTANAHAN NASIONAL (ATR/BPN) PEROLEH PAGU INDIKATIF 2022 SEBESAR RP 8 T   PEMKOT TANGERANG AKAN MELIHAT DINAMIKA KASUS COVID-19 SEBELUM MEMUTUSKAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA   WALI KOTA TANGERANG BELUM BISA MENENTUKAN APAKAH PEMBELAJARAN TATAP MUKA BAKAL DIGELAR ATAU TIDAK   DISDIK KOTA TANGERANG DIRIKAN POSKO INFORMASI DAN PENGADUAN PPDB DI 339 SDN YANG TERSEBAR DI 13 KECAMATAN   POLDA METRO JAYA SEBUT PELAKU PUNGLI TIDAK PUNYA RASA TAKUT   TANGKAP 49 PELAKU PUNGLI TERHADAP SOPIR TRUK DI TANJUNG PRIOK, POLISI USUT DUGAAN KETERLIBATAN PIMPINAN PERUSAHAAN   KOMISI III DPR DUKUNG PRESIDEN JOKOWI BASMI PREMAN DI KAWASAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PER 10 JUNI, KETERISIAN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA MENCAPAI 65%   6 PROVINSI YANG BELUM PUNYA RSJ YAKNI: PAPUA BARAT, SULTRA, SULBAR, GORONTALO, KALTARA, DAN KEPULAUAN RIAU   PEMERINTAH AKAN BERI PERHATIAN KHUSUS TERHADAP 6 PROVINSI YANG BELUM PUNYA RUMAH SAKIT JIWA (RSJ)   KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN BUPATI NONAKTIF BANDUNG BARAT AA UMBARA   ICW LAPORKAN KETUA KPK FIRLI BAHURI KE DEWAN PENGAWAS ATAS DUGAAN PELANGGARAN ETIK