Kompas TV nasional hukum

Firli Bahuri Kembali Dilaporkan ke Dewas KPK Terkait Dugaan Gratifikasi Sewa Helikopter

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:46 WIB
firli-bahuri-kembali-dilaporkan-ke-dewas-kpk-terkait-dugaan-gratifikasi-sewa-helikopter
Peneliti Indonesia Corruption Watch memperlihatkan lampiran bukti dugaan gratifikasi yang diterima Ketua KPK Firli Bahuri terkait biaya sewa helikopter untuk perjalanan pribadi, Kamis (3/6/2021). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia Corruption Watch (ICW) kembali melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK.

ICW menilai ada dugaan pelanggaran kode etik penerimaan gratifikasi sewa helikopter yang digunakan Firli Bahuri.

“ICW melaporkan kembali Firli Bahuri atas dugaan pelanggan kode etik. Ini terkait pelaporan pidana ke Bareskim namun kali ini menyangkut kode etik yang mengatur insan KPK, salah satunya pimpinan harus bertindak jujur dalam berprilaku. Kalau ada penerimaan sesuatu diskon untuk wajib lapor, tapi kami gak lihat itu terjadi,” ujar peneliti ICW, Kurnia Ramadhan.

ICW melampirkan sejumlah bukti yang berisi perbandingan harga penyewaan helikopter dari beberapa perusahaan kepada dewas KPK.

“Laporan ini beda sama putusan sebelumnya, saat itu dewas hanya formalitas belaka menerima kuitansi dari Firli. Seharusnya kuitansi itu ditelusuri karena nilainya sangat janggal," ungkapnya.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri Dilaporkan ke Bareskrim Polri, Diduga Terima Gratifikasi Sewa Helikopter

Berdasarkan informasi yang dihimpun ICW, tarif helikopter yang disewa Firli mencapai Rp39,1 juta per jam.

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Serba Serbi

Lima Youngster Italia di Euro 2020

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:14 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:48
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BI: ALIRAN MODAL ASING MASUK RP 10,54 TRILIUN DALAM PEKAN INI   IMF SEBUT PENGGUNAAN UANG KRIPTO DI EL SALVADOR BERPOTENSI BERMASALAH   AS AKAN MENYUMBANG 500 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK 92 NEGARA MISKIN   INDONESIA TAMBAH PASOKAN 1 JUTA VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM   INDONESIA PERLU RP 3.461 T HINGGA 2030 UNTUK PERUBAHAN IKLIM   MENKEU SRI MULYANI: PLN KESULITAN MEMBUAT PEMBANGKIT LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN KARENA BUTUH DANA BESAR   PGRI NAGEKEO, NTT, MINTA PENIKAM KEPALA SD INPRES NDORA DIHUKUM MATI   21 NARAPIDANA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA DENPASAR MASUK IGD KARENA MINUM DISINFEKTAN DENGAN MINUMAN KEMASAN   EKSPOR OTOMOTIF RI PERIODE JANUARI-APRIL 2021 NAIK 35,67%   PEMBUKAAN KEMBALI 3 JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU PADA 14 JUNI 2021 DIBATALKAN KARENA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMERINTAH DESA MANGUNSARI, MAGELANG, SEDIAKAN ODONG-ODONG ANTAR-JEMPUT WARGA LANSIA YANG DIVAKSIN COVID-19   KEMENDAGRI AKAN LAKUKAN PENYEDERHANAAN BIROKRASI TAHAP II   KEMENTERIAN PPPA: "CALL CENTER" SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK 129 ATAU WHATSAPP 0211-129-129