Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Ikuti Pelantikan MPWN Periode 2021-2024

Jumat, 11 Juni 2021 | 16:57 WIB
kakanwil-ikuti-pelantikan-mpwn-periode-2021-2024
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Harun Sulianto mengikuti pelantikan Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode Tahun 2021-2024 dan Pergantian Antar Waktu (PAW) Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Periode Tahun 2019-2022 (Sumber: kanwilkumham sulsel)

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Harun Sulianto mengikuti pelantikan Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode Tahun 2021-2024 dan Pergantian Antar Waktu (PAW) Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Periode Tahun 2019-2022 di Grand Hyatt Bali, Kamis (10/06). 

Sebanyak 293 pejabat MPWN dan 5 pejabat PAW MKNW dilantik langsung oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Cahyo Rahadian Muzhar.

Dalam sambutannya, Dirjen AHU menyampaikan pentingnya penyederhanaan perizinan dan kemudahan usaha seperti yang diamanatkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Ease of Doing Business (Kemudahan Berusaha) yang dicanangkan Bank Dunia menjadi salah satu prioritas Presiden untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia," Jelasnya. 

Dalam bisnis yang dilihat adalah kepastian hukum terutama dalam perlindungan usaha. Cahyo menyampaikan disinilah pentingnya peran notaris dalam percepatan bisnis. 

"Notaris adalah important actors dalam bisnis karena menjadi penasihat hukum bagi semua pihak yang produknya adalah akta otentik yang digunakan dalam persidangan sebagai alat bukti yang sah. Notaris tak boleh menunda pekerjaan karena sama saja dengan menghambat percepatan perekonomian ," tambah Cahyo. 

Dalam kesempatan ini pula, Cahyo berpesan agar para MPWN dan PAW MKNW yang dilantik memperketat pengawasan terhadap notaris baik melalui penguatan kelembagaan maupun pengenaan sanksi serta sebagai anggota dituntut untuk terus berinovasi dan menciptakan solusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sebagai penutup, Cahyo mengingatkan esensi dari pengawasan adalah pembinaan bukan sekedar menjatuhkan hukuman. "Kami harap saudara-saudara memahami kewajiban dan prosedur pengawasan serta kode etik notaris agar dapat terwujud pembinaan yang berkepastian hukum. Jangan sungkan-sungkan untuk menjatuhkan sanksi bila ada pelanggaran kode etik, karena yang dirugikan adalah masyarakat," tutupnya. 

Pada acara ini turut serta dilantik Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto yang mendampingi Kakanwil serta para pejabat dari Sulawesi Selatan yang dilantik langsung antara lain Dekan Fakultas Hukum Unhas Farida Patittingi, Ketua Program Doktor Fakultas Hukum Unhas Marwati Riza, Notaris Ria Trisnomurti, Notaris Abdul Muis, Notaris Lieke Tunggal. Sedangkan Kepala Bagian Perundang-undangan Setda Prov. Sulsel Andi Idris dan Majelis Wali Amanah Universitas Hasanuddin Syamsul Bahri mengikuti pelantikan secara virtual.


#MPWN
#KANWILKUMHAM
#MENKUMHAM

Penulis : KompasTV Makassar

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19