Kompas TV video cerita indonesia

BIN: Budi Gunawan Tak Pernah Bertemu Rizieq di Arab Saudi

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 09:04 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Intelijen Negara membantah jika Kepala BIN Budi Gunawan pernah bertemu dengan Rizieq Shihab di Arab Saudi.

“Tentang isu pertemuan dengan Budi Gunawan di Arab Saudi dengan Rizieq Shihab itu tidak pernah terjadi. Sedangkan mengenai pertemuan dengan Tito Karnavian selaku Kapolri pada waktu itu juga harus ditanyakan langsung kepada beliau,” ujar Wawan Hari Purwanto Deputi VII Badan Intelijen Negara pada Jumat, 11 Juni 2021.

BIN juga menekankan tak ada surat kesepakatan atau persetujuan yang dibuat dengan Rizieq Shihab.

“Mengenai soal surat kesepakatan antara yang disebut oleh Rizieq saya belum pernah lihat surat tersebut selama ini MoU hanya dilakukan antar lembaga bukan dengan perorangan dan pada setiap mou itu biasanya dituangkan surat dan kop suratnya instansi resmi karena saya belum pernah melihat maka belum bisa emberikan konfirmasi atas surat tersebut,” ujar Wawan.

Sebelumnya Rizieq Shihab mengaku bertemu dengan Kepala BIN dan Jenderal Tito Karnavian yang saat itu menjabat sebagai Kapolri di salah satu hotel berbintang lima di Arab Saudi.

"Di antara isi kesepakatan tersebut adalah 'Stop semua kasus hukum saya dkk' sehingga tidak ada lagi Fitnah Kriminalisasi, dan sepakat mengedepankan dialog dari pada Pengerahan Massa, serta siap mendukung semua kebijakan Pemerintahan Jokowi selama tidak bertentangan dengan Ajaran Agama Islam dan Konstitusi Negara Indonesia," ungkap Rizieq saat membacakan pleidoinya, di PN Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021).

Video Editor: Novaltri Sarelpa



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.