Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Survei Bappenas: Pandemi Bikin 2 dari 3 Bisnis Terima Bantuan Pemerintah

Jumat, 11 Juni 2021 | 18:55 WIB
survei-bappenas-pandemi-bikin-2-dari-3-bisnis-terima-bantuan-pemerintah
Ilustrasi bantuan dana UMKM (Sumber: corona.jakarta.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengadakan Business Survey 2021. Hasilnya, 2 dari 3 usaha di Indonesia menerima bantuan pemerintah.

Survei itu dilakukan pada Februari-Maret 2021, dengan peserta 1.360 responden, tingkat kepercayaan 95 persen dan standard of error sebesar 1,356 persen.

Hasilnya, 64 persen responden yang merupakan pelaku usaha menerima bantuan pemerintah. Angka tersebut meningkat dari survei gelombang kedua pada Oktober-November 2020 yaitu 41 persen.

Kepala Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, dari survei terlihat bantuan pemerintah lebih banyak diterima oleh perusahaan berskala kecil, dibanding perusahaan berskala besar.

Baca Juga: Ironis, Mobil Disubsidi Tapi Sembako Dipajaki

"Di (survei) gelombang ketiga, semakin banyak responden yang menerima bantuan pemerintah dibandingkan dengan gelombang kedua. Artinya penetrasi dari bantuan pemerintah pada Maret 2021 ini lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Amalia dalam acara virtual Diseminasi Survei: Business Survey Wave-3 secara virtual, Jumat (11/06/2021).

Hasil survei juga menunjukkan, semakin banyak perusahaan yang mengetahui adanya bantuan pemerintah untuk pelaku usaha.

Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:11
PENUNJUKKAN ANGGOTA DEWAN FAO ADALAH KADO TERBAIK HARI KRIDA PERTANIAN 2021    PRESIDEN FILIPINA RODRIGO DUTERTE ANCAM PENJARAKAN WARGA YANG MENOLAK VAKSINASI COVID-19   OJK: JIKA MENERIMA SMS/WHATSAPP PENAWARAN PINJAMAN DARING LANGSUNG HAPUS DAN BLOKIR NOMOR TERSEBUT   OJK PASTIKAN PENAWARAN PINJAMAN DARING MELALUI SMS/PESAN WHATSAPP DILAKUKAN OLEH "FINTECH" ILEGAL   DPR TELAH TERIMA SURPRES RANCANGAN UNDANG-UNDANG TENTANG KETENTUAN UMUM & TATA CARA PERPAJAKAN (RUU KUP)   PEMPROV JATIM GANDENG TNI DAN POLRI PERKETAT POSKO PPKM MIKRO DI 8 DESA PRIORITAS DI BANGKALAN   DINKES DIY SEBUT KETERSEDIAAN OKSIGEN DI RS RUJUKAN COVID-19 DIY MAKIN MENIPIS KARENA PERMINTAAN NAIK 3 KALI LIPAT   SEBANYAK 52 ASN DI LINGKUP BALAI KOTA YOGYAKARTA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS MENYATAKAN SEKOLAH TATAP MUKA DI DEPOK BATAL DIGELAR JIKA KASUS COVID-19 TETAP MELONJAK   SATGAS SEBUT RUANGAN ICU UNTUK PASIEN COVID-19 DI DEPOK PENUH PER HARI INI   IGD RSUP FATMAWATI DI JAKSEL HANYA UNTUK PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA SEDANG, BERAT, DAN KRITIS   PER HARI INI, IGD RSUP FATMAWATI DI JAKARTA SELATAN TIDAK LAGI TERIMA PASIEN NON-COVID-19   PPKM MIKRO, MUSEUM DAN GEDUNG PERTUNJUKAN SENI BUDAYA DI JAKARTA DITUTUP SEMENTARA HINGGA 28 JUNI 2021   SATGAS COVID-19: REKOR KASUS HARIAN TERTINGGI SELAMA PANDEMI YAITU PADA 21 JUNI 2021 DENGAN 14.356 KASUS