Kompas TV nasional politik

Prabowo Subianto dan Nadiem Makariem Dapat Ucapan Terima Kasih Khusus dari Megawati

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 18:53 WIB
prabowo-subianto-dan-nadiem-makariem-dapat-ucapan-terima-kasih-khusus-dari-megawati
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi Nadim Makariem (Sumber: Dok. Istimewa)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mendapatkan ucapan terima kasih yang khusus dari Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri saat mengawali orasi ilmiah pengukuhan gelar profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Jumat (11/6/2021).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., dan juga kepada Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto Djojohadikusumo atas kepercayaan yang diberikan kepada saya,” kata Megawati.

Orasi ilmiah sekaligus acara pengukuhan itu dilaksanakan di Kampus Bela Negara, IPSC, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Pemberian gelar Profesor Kehormatan, Guru Besar Tidak Tetap, dari Universitas Pertahanan ini saya terima dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab bagi pengabdian kepada bangsa dan negara Indonesia, terutama di dalam memperkuat tradisi intelektual di dalam seluruh aspek kehidupan,” ujar Megawati.

Baca juga: Pro-Kontra Pemberian Gelar Profesor Kehormatan buat Megawati

Megawati menyampaikan, Bung Karno adalah proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia yang memulai perjuangan dengan membaca dan menjadikan buku sebagai jendela perkembangan peradaban dunia ketika bergumul dengan gagasan kemerdakaan bangsa.

"Budaya literasi melalui buku, oleh Bung Karno menjadi tempat untuk terus melakukan dialektika di dalam pikir tentang pentingnya mengapa Indonesia harus merdeka, hingga berjuang mewujudkannya," ucapnya.

Dengan demikian, kata Megawati, tradisi pemimpin pembelajar harus menjadi bagian dari kultur bangsa.

Atas dasar itu pula, dirinya menerima ketika beberapa guru besar memberikan rekomendasi terhadap gelar profesor kehormatan tersebut.

Rekomendasi ini kemudian disetujui oleh Senat Akademik dan Dewan Guru Besar Unhan, berproses sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 
 
“Hal ini sekaligus merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan kepada saya, sehingga pemberian gelar kehormatan tersebut saya terima dengan mengucapkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa,” kata Megawati.

Dia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Senat Akademik, Dewan Guru Besar dan segenap Civitas Akademika Unhan. Sebab telah mengijinkan dirinya menjadi profesor kehormatan.

Baca juga: Terima Gelar Profesor Kehormatan, Megawati Soekarnoputri akan Didampingi Putera-Puterinya

Megawati menyebut sejumlah nama tim promotornya, yakni Prof Sudarsono Hardjosoekarto, Prof Gumilar Rusliwa Somantri, Prof Chandra Wijaya, Prof Ganefri, Prof Kosuke Mizuno, Prof Koh Young Hun, Dr Remy Madinier, Prof Xu Liping, dan Prof Budi Gunawan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.