Kompas TV regional peristiwa

Anies Tingkatkan Kerja Sama Daerah Dalam Sektor Pangan Guna Dukung Pertumbuhan Ekonomi Petani

Jumat, 11 Juni 2021 | 17:38 WIB
anies-tingkatkan-kerja-sama-daerah-dalam-sektor-pangan-guna-dukung-pertumbuhan-ekonomi-petani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan sambutan dalam Perayaan Tri Suci Waisak Walubi di Jakarta, Rabu (26/5/2021) (Sumber: Youtube/DPP Walubi)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, melakukan kegiatan panen raya bersama di area persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Jumat (11/6/2021). 

Anies mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kerja sama daerah, khususnya di sektor pangan.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan guna mendukung tumbuhnya perekonomian di kalangan petani, khususnya Sumedang, yang berbanding lurus dengan terjaminnya stok beras yang dibutuhkan warga Jakarta.

"Barusan kita panen raya. Ini ikhtiar kita bersama semata-mata agar di satu sisi, para petani di sini mendapatkan harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau. Maka, setiap keluarga atau rumah tangga di Jakarta bisa tenang jika harga pangan stabil, karena jumlah pasokan aman," ujar Anies pada siaran persnya, Jumat (11/6/2021). 

Baca Juga: Airlangga-Anies Dinilai Akan Jadi Lawan Terberat Mega-Prabowo di Pilpres 2024

Menurut Anies, DKI Jakarta memiliki utang budi yang sangat besar terhadap daerah lain yang telah berkontribusi dalam memenuhi pasokan beras untuk warga Jakarta. 

Ia berharap kerja sama antara kedua daerah, Sumedang diwakili oleh PT Kampung Makmur dan DKI Jakarta melalui PT Ttjipinang Food Station, dapat saling menguntungkan. 

"Ini adalah cara kita masyarakat perkotaan untuk membalas budi kepada para petani. Karena, merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, tapi manfaatnya kita rasakan. Semoga dengan kerja sama saat ini, para petani menjadi sejahtera dan kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil. Terima kasih pak Bupati dan para petani," tambah Anies. 

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, Dirut PT Tjipinang Food Station Pamrihadi Wiraryo, dan Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin.

Pada kesempatan tersebut, Anies juga menyempatkan diri berbincang dengan sejumlah petani serta memberi semangat untuk terus membantu pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. 

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19