Kompas TV regional kesehatan

Sambangi RS Darurat Covid-19 di Surabaya, Ketua Satgas Pastikan Kesiapan Antisipasi Lonjakan Kasus

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 17:29 WIB
sambangi-rs-darurat-covid-19-di-surabaya-ketua-satgas-pastikan-kesiapan-antisipasi-lonjakan-kasus
Letjen Ganip Warsito memberikan keterangan pers di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Ini merupakan kunjungan pertamanya sebagai Kepala BNPB setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo Selasa (25/5/2021) kemarin. Ganip Warsito menggantikan posisi Doni Monardo menyusul Doni yang akan memasuki masa pensiun dari dinas kemiliteran pada 1 Juni 2021. (Sumber: GAHNIYAR FEBRIAN / KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito meninjau Rumah Sakit (RS) Lapangan Kogabwilhan II Indrapura, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/6/2021).

Ganip menyebut kunjungan tersebut untuk melihat kesiapan seluruh tim, sarana dan prasarana dalam mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah Surabaya. 

Khususnya yakni penyebaran Covid-19 dari Kabupaten Bangkalan, Madura dan repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Untuk memastikan kesiapan RS Lapangan ini dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Jawa Timur khususnya Surabaya akibat dari kejadian atau lonjakan yang terjadi di Bangkalan,” ujar Ganip dikutip dari laman BNPB, Jumat. 

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan bentuk antisipasi yang lain juga telah dilakukan dengan berbagai upaya mulai dari langkah medis dan penyekatan wilayah dengan menerjunkan tim lintas sektor bersama unsur relawan, TNI dan Polri di lapangan.

Baca Juga: Waspada! Satgas Sebut Kasus Covid-19 di 9 Daerah Ini Berada di Situasi yang Mengkhawatirkan

Ganip juga mengaku melibatkan para pemuka agama maupun tokoh-tokoh masyarakat untuk membantu memberikan pemahaman dan literasi kepada masyarakat terkait upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 melalui konteks perubahan perilaku.

“Saya setuju bahwa Covid-19 bukan hanya masalah kesehatan saja, tapi juga menyangkut masalah sosial, ekonomi dan lainnya,” ucap Ganip.

Sebab itu, dia menegaskan perlu adanya konsep kebersamaan dalam pengendalian Covid-19 mulai dari komponen pusat, daerah hingga masyarakat.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas Provinsi Jawa Timur per Jumat, 11 Juni 2021, RS Lapangan Indrapura yang mulai beroperasi sejak 26 Mei 2020 itu telah menangani pasien Covid-19 sebanyak 7.723 dengan jumlah kesembuhan 7.157, dirawat 266 dan meninggal 1 orang.

Adapun daya tampung RS Lapangan tersebut mencapai 400 tempat tidur dan saat ini terisi sebanyak 266 pasien.

Baca Juga: Waspada Lonjakan Corona di Bangkalan Jawa Timur



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.