Kompas TV nasional sosial

Belajar Strategi Pemasaran McD lewat BTS Meal dari Kacamata Akademisi UGM

Jumat, 11 Juni 2021 | 17:22 WIB
belajar-strategi-pemasaran-mcd-lewat-bts-meal-dari-kacamata-akademisi-ugm
BTS Meal. (Sumber: Dok. McDonalds Indonesia)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Strategi pemasaran yang dijalankan restoran cepat saji McDonald’s atau McD dengan menggandeng idol asal Korea Selatan, BTS, membuat pakar pemasaran UGM, Bayu Sutikno, angkat bicara. Ia menilai pemasaran melalui produk BTS Meal yang diluncurkan McD sangat kreatif.

Menurut Bayu, McD melakukan strategi targeting yang sangat fokus, yakni menyasar Army, sebutan untuk penggemar grup K-pop BTS.Terlebih, Army merupakan fandom terbesar di dunia dengan jumlah lebih dari 18 juta orang.

Para Army memperlakukan BTS sebagai referensi utama dan panutan dalam perilakunya setidaknya dalam 4F yakni fashion, fun termasuk musik, film, dan food.

Baca Juga: Buntut Kerumunan BTS Meal, 3 Gerai McDonald’s di Kota Yogyakarta Hentikan Layanan Pemesanan Online

“Dalam konteks acuan terkait makanan atau food maka mereka meluncurkan BTS meal ini," ujarnya, Jumat (11/6/2021).

Strategi yang dijalankan MCD termasuk Brand Community Marketing dan Viral Marketing. Restoran cepat saji ini menyasar penggemar BTS yang dikenal loyal dan fanatik. Kemudian diperkuat dengan berbagi via media sosial antar-Army sehingga mengamplifikasi fenomena ini menjadi trending topic di berbagai media sosial.

Ia berpendapat McD menghadapi tantangan keberlanjutan strategi supaya tidak hanya menjadi tren penjualan sesaat. Upaya yang bisa dilakukan, seperti memetakan berbagai komunitas yang dikenal loyal mulai dari grup musik, klub sepakbola, tokoh tertentu, dan sebagainya.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:23
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BI: ALIRAN MODAL ASING MASUK RP 10,54 TRILIUN DALAM PEKAN INI   IMF SEBUT PENGGUNAAN UANG KRIPTO DI EL SALVADOR BERPOTENSI BERMASALAH   AS AKAN MENYUMBANG 500 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK 92 NEGARA MISKIN   INDONESIA TAMBAH PASOKAN 1 JUTA VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM   INDONESIA PERLU RP 3.461 T HINGGA 2030 UNTUK PERUBAHAN IKLIM   MENKEU SRI MULYANI: PLN KESULITAN MEMBUAT PEMBANGKIT LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN KARENA BUTUH DANA BESAR   PGRI NAGEKEO, NTT, MINTA PENIKAM KEPALA SD INPRES NDORA DIHUKUM MATI   21 NARAPIDANA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA DENPASAR MASUK IGD KARENA MINUM DISINFEKTAN DENGAN MINUMAN KEMASAN   EKSPOR OTOMOTIF RI PERIODE JANUARI-APRIL 2021 NAIK 35,67%   PEMBUKAAN KEMBALI 3 JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU PADA 14 JUNI 2021 DIBATALKAN KARENA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMERINTAH DESA MANGUNSARI, MAGELANG, SEDIAKAN ODONG-ODONG ANTAR-JEMPUT WARGA LANSIA YANG DIVAKSIN COVID-19   KEMENDAGRI AKAN LAKUKAN PENYEDERHANAAN BIROKRASI TAHAP II   KEMENTERIAN PPPA: "CALL CENTER" SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK 129 ATAU WHATSAPP 0211-129-129