Kompas TV regional peristiwa

Orangutan Tersesat ke Pemukiman Warga Akhirnya Dievakuasi dan Dibawa ke Pusat Rehabilitasi

Jumat, 11 Juni 2021 | 15:25 WIB
orangutan-tersesat-ke-pemukiman-warga-akhirnya-dievakuasi-dan-dibawa-ke-pusat-rehabilitasi
Orangutan yang tengah memanjat pohon untuk mengambil buah ara. Adegan tersebut diambil dengan menggunakan kamera yang ditempatkan di kanopi hutan hujan Taman Nasional Gunung Palung. Foto dari @timlaman ini meraih penghargaan dalam kompetisi Wildlife Photographer of the Year (WPY) tahun 2016 (Sumber: Yayasan Palung/Tim Laman - Cheryl Knott)

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur mengevakuasi orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) yang sempat masuk ke permukiman warga di Desa Lusan, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser.

Orangutan tersebut dibawa ke pusat rehabilitasi yang dikelola Yayasan Borneo Orangutan Survival di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sebelumnya, beredar video di media sosial yang merekam seekor orangutan berjalan di sekitar permukiman warga Desa Lusan pada Selasa, (8/6/2021). Sang primata berbulu coklat itu terus berjalan tanpa melakukan perlawanan atau mengganggu warga.

Adapun pelaksana Tugas Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Nur Patria Kurniawan mengatakan, setelah kejadian, pihaknya dan tim Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) beranjak ke lokasi.

Dengan dibantu warga, orangutan itu kemudian digiring masuk ke hutan pada Rabu (9/6/2021).

”Setelah itu, tim menginap di desa. Pada Kamis (10/6/2021) sekitar pukul 17.00 Wita, orangutan itu terlihat kembali. Tim memutuskan untuk membawanya ke pusat rehabilitasi di Samboja untuk diobservasi kesehatannya. Nanti akan diputuskan apakah perlu dilepasliarkan atau dirawat terlebih dahulu,” ujar Nur, Jumat (11/6/2021), dilansir dari laman Kompas.id.

Baca Juga: Viral Orangutan Masuk Permukiman Warga, Tampak Lelah dan Kelaparan

Nur menjelaskan, orangutan itu diperkirakan individu yang pernah dilepasliarkan. Melihat, ada  microchip yang terdapat di tubuh kera besar tersebut. Nur menjelaskan, kemungkinan orangutan itu dilepasliarkan pada 2010 di sekitar Pegunungan Meratus.

Untuk diketahui, Desa Lusan merupakan daerah di Kabupaten Paser yang terisolasi oleh hutan. Selain perkebunan milik warga, tak ada pertambangan atau aktivitas eksploitasi alam dalam jumlah besar. Hutan di dekat desa itu tersambung dengan Pegunungan Meratus yang memanjang di wilayah Kalimantan Selatan hingga perbatasan Kalimantan Tengah dan Kaltim.

Warga desa sempat memberi makan dan minum sang Pongo. Kepala Desa Lusan M Irham mengatakan, warga melakukan itu karena kasihan. Orangutan itu terlihat lemas dan bingung.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19