Kompas TV klik360 sinau

Piala Eropa 2020: Profil Singkat Timnas Turki

Jumat, 11 Juni 2021 | 20:22 WIB

KOMPAS.TV - Timnas Turki jadi tim pembuka gelaran Piala Eropa 2020 di babak penyisihan Grup A melawan Italia. Turki berhasil lolos ke Piala Eropa 2020 setelah menempati posisi runner-up Grup H di fase kualifikasi.

Selama fase kualifikasi, Turki mencatatkan 7 kemenangan, 2 hasil imbang, dan sekali kalah dengan torehan 23 poin.

Timnas ini dijuluki Ay-Yildizlilar (The Crescent-Stars), yang mengacu pada elemen di bendera negara Turki berbentuk bulan sabit dan bintang.

Timnas Turki berada di bawah asuhan pelatih legendaris enol Güne , yang kembali melatih Turki sejak 2019. Sebelumnya, enol Güne sempat menduduki kursi kepelatihan Timnas Turki pada kurun 2000 sampai 2004.

Kapten Timnas Turki saat ini adalah Burak Yilmaz. Ia adalah seorang penyerang veteran dengan rata-rata 1 gol setiap 2 pertandingan.

Piala Eropa 2020 bukanlah pertandingan pertama Timnas Turki. Sebelumnya, Turki telah berpartisipasi dalam Piala Eropa sejak tahun 1996.

Timnas Turki mencatat prestasi terbaik di Piala Eropa 2008 dengan mencapai babak semifinal. Selain itu, Turki sukses menduduki peringkat 3 pada ajang Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang.

Berikut daftar beberapa pemain andalan Timnas Turki:

1. Hakan Çalhano lu

Pemain gelandang timnas Turki bernomor punggung 10 ini memulai debutnya pada 2013. Hakan mencatat 56 caps dan mencetak 13 gol.

2. Ozan Kabak

Merupakan pemain bek yang bergabung sejak 2019 lalu. Selama itu, Ozan tercatat telah tampil sebanyak 12 penampilan bersama Timnas Turki.

3. Merih Demiral

Bersama Timnas Turki, pemain dengan posisi bek ini telah mencatat 21 pertandingan sejak debut pada 2018.

4. Burak Yilmaz

Selain kapten timnas Turki, Burak Yilmaz juga salah satu striker andalan Gunes. Ia adalah pemain senior di Timnas Turki yang mencatat 67 pertandingan dan mencetak 29 gol.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:23
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   SEBANYAK 30 NARAPIDANA DI LAPAS KELAS II B SAROLANGUN, JAMBI, POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/ BADAN PERTANAHAN NASIONAL (ATR/BPN) PEROLEH PAGU INDIKATIF 2022 SEBESAR RP 8 T   PEMKOT TANGERANG AKAN MELIHAT DINAMIKA KASUS COVID-19 SEBELUM MEMUTUSKAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA   WALI KOTA TANGERANG BELUM BISA MENENTUKAN APAKAH PEMBELAJARAN TATAP MUKA BAKAL DIGELAR ATAU TIDAK   DISDIK KOTA TANGERANG DIRIKAN POSKO INFORMASI DAN PENGADUAN PPDB DI 339 SDN YANG TERSEBAR DI 13 KECAMATAN   POLDA METRO JAYA SEBUT PELAKU PUNGLI TIDAK PUNYA RASA TAKUT   TANGKAP 49 PELAKU PUNGLI TERHADAP SOPIR TRUK DI TANJUNG PRIOK, POLISI USUT DUGAAN KETERLIBATAN PIMPINAN PERUSAHAAN   KOMISI III DPR DUKUNG PRESIDEN JOKOWI BASMI PREMAN DI KAWASAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PER 10 JUNI, KETERISIAN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA MENCAPAI 65%   6 PROVINSI YANG BELUM PUNYA RSJ YAKNI: PAPUA BARAT, SULTRA, SULBAR, GORONTALO, KALTARA, DAN KEPULAUAN RIAU   PEMERINTAH AKAN BERI PERHATIAN KHUSUS TERHADAP 6 PROVINSI YANG BELUM PUNYA RUMAH SAKIT JIWA (RSJ)   KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN BUPATI NONAKTIF BANDUNG BARAT AA UMBARA   ICW LAPORKAN KETUA KPK FIRLI BAHURI KE DEWAN PENGAWAS ATAS DUGAAN PELANGGARAN ETIK